Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Bagian Humas Maksimalkan Informasi Pencegahan Korupsi kepada Masyarakat

Malang – Salah satu upaya mencegah tindakan korupsi adalah dengan memberikan edukasi dan wawasan serta informasi kepada masyarakat. Yuyuk Andriati, dari Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah – Nasional (Rakorwasdanas) 2019 menegaskan, peran kehumasan di daerah sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya korupsi dan dampak hukumnya.

“Kalau di KPK kami tidak saja mempublish soal OTT dan penetapan tersangka korupsi saja, tapi kami juga bentuk program edukasi kepada masyarakat. Peran ini cukup strategis untuk dilakukan oleh Bagian Humas di daerah,” kata Yuyuk.

Dikatakan pula, kerjasama dengan media massa sebagai mitra strategis harus terus ditekankan, sehingga pesan-pesan anti korupsi dan upaya pencegahan korupsi bisa sampai kepada masyarakat. Termasuk pula, menggunakan media sosial sebagai alat penyampai pesan kepada masyarakat.

“Termasuk juga mengkatifkan jejaring dengan influencer lain seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sebagainya,” tandasnya.

Bagian Humas di Pemerintahan Daerah, kata Yuyuk Andriyati, juga diimbau agar bekerjasama dengan Inspektorat untuk saling bertukar informasi terkait dengan upaya pencegahan korupsi di daerah.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nurwidianto, menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, Bagian Humas sebagai perantara antara pemerintah dengan masyarakat akan memaksimalkan hal tersebut, sehingga Strategi Nasional Pencegahan Korupsi bisa berjalan dengan baik dan efisien.

“Bagian Humas Kota Malang bermitra strategis dengan media massa dan nantinya, pesan-pesan anti korupsi kepada masyarakat akan kami gencarkan,” kata Nurwidianto.

Dikatakan pula, selama ini Bagian Humas Kota Malang, telah banyak memberikan informasi yang bersifat konstruktif kepada masyarakat perihal kebijakan dan arah pembangunan Kota Malang. Beberapa informasi terkait dengan pencegahan korupsi baik secara internal maupun eksternal kepada masyarakat juga telah dilakukan.

“Kedepan kami juga akan berkordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan upaya pencegahan korupsi,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *