Kunker Pemerintah Kota Samarinda

Malang – Bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang pada Rabu (11/9) telah dilaksanakan kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kota Samarinda. Kunker diterima langsung oleh Kepala BPKAD Malang, Drs. Subhan dan Kepala Bagian Organisasi, Dwi Rahayu SH, M.Hum. Rombongan tamu berjumlah 150 orang, dipimpin oleh Asisten Asisten Administrasi Umum Pemkot Samarinda, Dr. H. Ali Fitri Noor, MM.

Kunjungan oleh Pemkot Samarinda ini dilakukan dalam rangka studi tiru Sistem Akuntabilitas Kerja (SAKIP) yang sudah dijalankan Pemkot Malang, mengingat nilai SAKIP Pemkot Malang yang telah mencapai nilai BB. Kedua pemerintah kota Malang maupun Samarinda menyampaikan harapannya untuk dapat saling meningkatkan nilai SAKIP kedepannya.

“Dapat saya sampaikan, bahwa atas upaya penyempurnaan-penyempurnaan tersebut, laporan kinerja pemerintah kota malang mendapatkan nilai bb dalam 3 tahun terakhir, yakni mulai tahun 2016,2017 dan tahun 2018. Laporan kinerja pemerintah kota malang ini, telah dapat didownload di website malangkota.go.id” ujar Subhan Kepala BPKAD Malang dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kepala BPKAD Malang Subhan menyampaikan bahwa pemerintah kota malang senantiasa berupaya meningkatkan kinerjanya, mulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan dituangkan dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). “dalam rangka perbaikan SAKIP, pemerintah kota malang telah melaksanakan beberapa aksi yakni : review RPJMD melalui penyempurnaan indikator kinerja daerah dengan peraturan walikota malang no. 30 tahun 2015; penyempurnaan kinerja utama melalui peraturan walikota malang no.37 tahun 2015 tentang penetapan indikator kinerja utama; review renstra SKPD melalui penyempurnaan indikator kerja SKPD dengan keputusan kepala SKPD; penyempurnaan perjanjian kinerja sampai dengan eselon IV; laporan triwulanan evaluasi capaian SKPD.” ujarnya

Pimpinan rombongan tamu Ali Fitri Noor menyampaikan tujuannya melakukan studi tiru ke pemerintah Kota Malang. “Kami ingin belajar dari saudara tua kami, Kota Malang. Tercatat bahwa masyarakat yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya arek Malang, di Kota Samarinda mencapai jumlah presentase yang tinggi, sehingga kami ingin mengajak Pemkot Malang untuk berkembang bersama” ujarnya . (Rn/Em)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment