Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Sutiaji Tinjau Implementasi PPK Bagi Anak Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar

Malang – SD Madyopuro 2 dan SD Model Tlogowaru menjadi dua lokasi yang dikunjungi Walikota Sutiaji pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019. Tujuan kunjungannya kali ini adalah untuk memantau Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah dilaksanakan beberapa bulan terakhir.

Menurut Sutiaji, dari hasil pengamatannya, implementasi PPK sudah berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. “Salim sudah benar, ketika masuk kelas kaki kanan, ketika mau makan cuci tangan dan berdoa, ketika di dalam kelas duduk dengan posisi baik. Tadi saya lihat yang meja gotong royong dia sudah mengembalikan kursi tanpa diminta. Itu artinya kan sudah terbiasa,” ujarnya. Perilaku-perilaku yang masih murni, lanjut Sutiaji, diharapkan nantinya mampu menjadi identitas diri anak-anak tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji juga menyempatkan berinteraksi langsung apada anak siswa kelas 1 dan 2. Berbagai pertanyaan mengenai kebiasaan mereka sehari-hari ia lontarkan; beberapa di antaranya ketika mau berangkat sekolah mencium tangan orang tua, mencium tangan guru, ketika mau makan cuci tangan, ketika mau mengerjakan apapun diawali dengan doa, dan lain-lain.

Ia juga menyampaikan bahwa mendidik karakter anak ketika kecil itu memang susah. Akan tetapi tertanamnya itu kuat. “Seperti pepatah, belajar di waktu kecil ibarat menulis di atas batu. Itu kan karena susah. Tapi insya Allah kan lama daya ingatnya. Ya itu yang kita harapkan,” jelasnya. (Ts)

           

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *