Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Kota Malang Tuai Prestasi dalam Memperingati Hari Pramuka ke-58

Pemkot Malang turut menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58. Upacara yang diadakan di halaman Balaikota Malang pada hari Rabu (14/08) mengusung tema Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, turut hadir untuk memberikan sambutan serta membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso. Hadir dalam upacara ini Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang dan peserta upacara yang berasal dari anggota pramuka sekolah-sekolah di Kota Malang.

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Pramuka ke-58 ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan Negara dan Bangsa Indonesia. Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap bahwa kita semua memiliki perhatian penuh terhadap beberapa hal. “Saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina serta semua anggota pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa” ujarnya.

Pelaksanaan upacara Hari Pramuka ke-58 juga menyambut penghargaan dalam Kejuaraan Pramuka Tingkat Kwartir daerah Jawa Timur yang diwakilkan oleh beberapa sekolah tingkat SMP-SMA dari Kota Malang. Sekolah-sekolah yang berprestasi dalam kejuaraan tingkat Jawa Timur ini, antara lain SMPN 7 Malang dengan Juara Umum 2 Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Juara 1 Peta Pita Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Juara 1 Kim Jelajah Situs Sejarah Bangsa, dan Juara 3 Peta Pita Jelajah Situs Sejarah Bangsa. Penghargaan selanjutnya diterima oleh SMPN 20 Malang yang meraih Juara 2 Isyarat dan Sandi Jelajah Situs Sejarah Bangsa, SMPLB Malang dengan Juara 1 P3K Penguatan Berkarakter Berbasis Pramuka dan Juara 2 Hias Penguatan Berkarakter Berbasis Pramuka, SMPN 2 Malang dengan Juara 2 Yel-Yel Jelajah Situs Bangsa, SMPN 4 Malang dengan juara 2 pada kejuaraan Yel-Yel Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Kim Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Debap Kebangsaan Jelajah Situs Sejarah Bangsa, dan Juara Harapan 1 Gudep Unggul. Di tingkat SMA, SMAN 10 Malang berhasil meraih Juara 2 Putra Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka.

Untuk melengkapi kemeriahan peringatan Hari Pramuka ke-58 ini, beberapa sekolah juga turut berpartisipasi dengan memberikan penampilan-penampilan yang dibawakan oleh siswa-siswinya. (rf)

                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *