Wujudkan Kota Layak Lansia Dinas Sosial Gelar Sosialisasi Kawasan Ramah Lansia

Malang – Bertempat di ruang aula Dinas Sosial Kota Malang pada hari Kamis (1/8) telah dilaksanakan Sosialisasi Kawasan Ramah Lansia oleh Dinas Sosial Kota Malang. Wakil Walikota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut. Kegiatan sosialisasi ini digelar dalam rangka memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak lansia di kota Malang.

Wawali Sofyan Edi dalam sambutan pembukaan kegiatan menyatakan bahwa Indonesia saat ini menuju negara dalam kelompok berstruktur lansia. Pertumbuhan lansia yang cukup signifikan menandakan bahwa program-program terkait pelayanan kesehatan yang telah dicanangkan pemerintah beberapa tahun ke belakang sudah cukup berhasil seperti penguatan pelayanan kesehatan, peningkatan pelayanan fasilitas puskesmas serta sarana dan prasarananya, optimalisasi program jaminan kesehatan nasional-kartu indonesia sehat (JKN-KIS), dan berbagai program-program pemerintah lainnya.
“ Seiring dengan semakin baiknya program yang telah dicanangkan pemerintah, termasuk pelayanan kesehatan, maka harapan hidup masyarakat juga terus meningkat dan berdampak pada meningkatnya jumlah lansia di indonesia”. Ujar politikus yag akrab disapa Bung Edi ini.

Karena peningkatan jumlah lansia ini, Lanjut Bung Edi, pemenuhan hak-hak lansia sangat penting untuk diwujudkan karena akan berdampak pada terwujudnya lansia yang mandiri, sehat, aktif, dan produktif. Lansia ‘mapan’ yang telah mempersiapkan masa tua nya sebaik mungkin sebelum memasuki usia senja, sedikit banyak turut membantu kesejahteraan keluarga secara tidak langsung dan akan berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat serta bermuara pada semakin baiknya nasib bangsa kelak.

Diakhir sambutannya, Bung Edi menegaskan bahwa keberhasilan program dan kegiatan yang terkait dengan lansia bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah namun juga memerlukan peran serta seluruh pihak termasuk juga lembaga kelanjut-usiaan dan juga masyarakat untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak para lansia.

 

       

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline, Juli 2019

Leave a Comment