Sutiaji : Anak Perlu Diberi Kesempatan Untuk Mengemukakan Pendapatnya

 

Malang – Pernyataan tersebut disampaikan Walikota Malang, H. Sutiaji saat memberikan pengarahan pada acara Temu Anak 2019 Kegiatan Fasilitasi Forum Anak Kota Malang di Hotel Sahid Montana pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019.

Dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriani; Walikota Sutiaji membuka dan meresmikan kegiatan dimaksud.

Menurut Sutiaji, perlindungan terhadap hak-hak anak harus menjadi perhatian kita bersama; apalagi melihat realitas masih ditemukannya tindak kekerasan dan eksploitasi anak secara tidak wajar. Dan ironisnya, kekerasan dan eksploitasi tersebut tidak jarang dilakukan oleh orang tua dan keluarganya sendiri. Inilah yang membuat kita prihatin.

“Oleh karenanya, perlu dilakukan berbagai pendekatan, baik agama, sosial maupun budaya, agar hal-hal negatif tersebut dapat terhindar dari dirinya” ujar Sutiaji.

Lebih lanjut, Sutiaji mengatakan bahwa salah satunya yang di nilai sangat positif adalah dengan memberikan ruang secara terbuka agar mereka bisa bebas beraktivitas sesuai dengan usia, talenta dan potensi yang dimilikinya, sehingga mereka dapat tumbuh kembang sebagaimana yang diharapkan.

Untuk itu, lanjut Sutiaji, saya menyambut baik kegiatan temu anak Kota Malang 2019 yang bertema “kita beda kita bersaudara, bersama kita maju” yang didalamnya sarat dengan makna yang harus kita tanamkan dalam setiap sanubari anak-anak kita. Agar mereka mengerti bahwa meski pun kita berasal dari latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda; namun, kita semua bersaudara, satu bangsa Indonesia.

“Anak-anak juga harus diberikan kesempatan dan sarana untuk dapat berinovasi serta memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapatnya” tambahnya.

Sementara itu, Penny Indriani dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Temu Anak ini selain bertujuan untuk memberikan bimbingan pada anak agar mampu berkreasi namun juga dapat menjadi ajang mensosialisasikan hal-hal yang berhubungan dengan hak anak. (Ts)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline, Juli 2019

Leave a Comment