Kunjungan Benchmarking Diklatpim Tk. IV PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta dan Kabupaten Kendal

Malang (30/07)- Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan benchmarking diklat kepemimpinan (diklatpim) tingkat IV angkatan V Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Yogyakarta dan diklatpim tingkat IV Kabupaten Kendal. Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang balaikota Malang ini, diterima langsung Staff Ahli Bidang Hukum Pemerintah dan Politik Kota Malang, Drs. Agoes Edy Poetranto, MM. 2 Rombongan Benchmarking ini masing-masing dipimpin oleh Kepala PPSDM Regional Yogyakarta Dr. Ir. Suroyo, M.Si dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal Drs. Sigit Sulistyo, MM.

Agoes Edy Poetranto menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada segenap rombongan yang telah berkunjung ke kota Malang dan telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kota Malang dalam kegiatan ini. “Sejalan dengan hal itu , Pemerintah Kota Malang intens membumikan konsep pembangunan yang mengarah pada terwujudnya The Future Of Malang, yang meliputi, malang city heritage, malang 4.0, malang creative, malang halal, malang services dan malang nyaman” ujarnya.

Salah satu wujud dari prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik adalah, pemberian pelayanan prima kepada publik. Untuk itu, Pemerintah Kota Malang mengembangkan satu sistem yang integratif, efektif dan efisien dalam hal pelayanan publik, dengan membangun office block yang berada di kawasan timur kota malang. Salah satunya, adalah pelayanan proses perijinan yang dilakukan oleh dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kota Malang. “Sebuah inovasi pelayanan publik gampil gesit, aktif, merakyatnya dispendukcapil. Inovasi ini telah mendapatkan penghargaan sebagai 9 kategori terbaik dalam kompetisi inovasi pelayanan publik provinsi jawa timur tahun 2016” ujar Agoes Edy Poetranto.

“Keberadaan PPSDM regional jogja sekarang lebih memberikan suport kepada provinsi, tapi kalau provinsi itu sudah mampu mencukupi kebutuhan, maka kami bisa lebih fokus terhadap pengembangan kompetensi yang bermuatan substansi kementrian dalam negeri saja” ujar Suroyo, pimpinan rombongan dari PPSDM regional Yogyakarta.

Sementara itu, Sigit Sulistyo pimpinan rombongan dari Kabupaten Kendal menyampaikan pilihannya benchmarking ke Pemerintah Kota Malang. “Dengan pertimbangan Kota Malang memiliki kebijakan-kebijakan yang berkomitmen tinggi terhadap pelayanan publik serta pembangunan yang merata di semua bidang untuk memenuhi semua harapan masyarakat yang berkualitas, yang kedua kota malang memunculkan terobosan baru dalam berbagai program kegiatan dan sektor pembangunan sehingga mampu menjadi panutan inovasi, yang ketiga Kota Malang banyak mendapatkan penghargaan yang berkaitan dengan inovasi karena dinilai inovatif” ujarnya. (dn)

 

             

Posted in: Dokumentasi

Leave a Comment