Kunker Komisi II DPRD Kab. Pasuruan

Malang – Bertempat di Ruang Palapa Balaikota Malang pada Kamis (25/7) telah dilaksanakan kunjungan kerja (kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur . Kunker diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Nuzul Nurcahyono. Rombongan tamu yang berjumlah 7 orang ini dipimpin oleh Sekretaris Komisi 2 DPRD Kabupaten Pasuruan, Muhammad Zaini.

Dalam sambutannya, Nuzul menyampaikan terkait visi “ Kota Malang Bermartabat” yang dengan ini diharapkan dapat tercipta situasi, kondisi, tatanan dan karakter yang mulia bagi Kota Malang beserta masyarakatnya, serta motto kota Malang “Tri Bina Cita” yakni Malang sebagai kota pendidikan, kota industri dan sebagai kota pariwisata. Selain itu, Ia juga menyampaikan konsep pembangunan Kota Malang yang mengarah pada terwujudnya The Future Of Malang, yang meliputi : Malang City Heritage; Malang 4.0; Malang Creative; Malang Halal; Malang Services Dan Malang Nyaman.

Pendapatan daerah kota Malang terdiri atas pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Secara kumulatif jumlah proyeksi pendapatan daerah pada perubahan APBD tahun anggaran 2019 meningkat, terutama didukung oleh kenaikan pendapatan asli daerah sebesar 14,91% akibat kenaikan target proyeksi pajak dan retribusi daerah. Dengan peningkatan ini, belanja daerah kota Malang mengalami kenaikan sebesar 20,22% dari belanja daerah APBD murni tahun anggaran 2019. Program kegiatan pada perubahan APBD tahun anggaran 2019 lebih dioptimalkan untuk mendukung kebijakan ekonomi makro daerah Kota Malang tahun 2019 dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya melalui pengurangan angka pengangguran, peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat serta peningkatan daya saing daerah, diarahkan pada upaya sesuai dengan arah kebijakan pembangunan kota malang pada RPJMD Kota Malang tahun 2018-2023 tahun pertama yakni mengarah kepada suprastruktur kelembagaan, akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, dan layanan dasar lainnya, menjaga daya beli dan perlindungan sosial serta infra-struktur perekonomian sarana dan prasarana sosial.

Sementara pimpinan rombongan tamu, M Zaini mengucapkan rasa terimakasih atas diterimanya kunjungan kerja komisi II DPRD Kab.Pasuruan di Setda Kota Malang ini kemudian dilanjutkan dengan mengenalkan satu persatu anggota rombongannya. “Kedatangan kami ingin sharing dan juga berbagi pengalaman di pemerintah kota seperti apa , karena era sekarang berbeda dengan yang sebelumnya belum ada (era elektronik), dan juga seperti apa pola pembahasan sharing di pemkot malang ini, antara legislatif dan eksekutifnya .” Ujarnya (Azr)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Juli 2019

Leave a Comment