Barenlitbang Kota Malang Gelar FGD Pengukuran PDRB Ekonomi Kreatif

Malang – Bertempat di Swissbell In Hotel Malang pada hari Kamis (25/7) telah dilaksanakan FGD dalam rangka Pengukuran PDRB Ekonomi Kreatif di Kota Malang.

Acara yang diinisiasi oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan Barenlitbang Kota Malang tersebut bertujuan untuk mengetahui potensi ekonomi kreatif dalam meningkatkan PDRB di Kota Malang.

Ekonomi kreatif berperan dalam perekonomian suatu bangsa terutama dalam menghasilkan pendapatan (income generation), menciptakan lapangan pekerjaan (job creation) dan meningkatkan penerimaan hasil ekspor (export earning), meningkatkan teknologi (technologi development), menambah kekayaan intelektual (intelectual property), dan peran sosial lainnya.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan nilai tambah bruto seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu, tanpa memperhatikan apakah faktor produksi dimiliki oleh residen atau non residen.

Untuk itu, nantinya diharapkan FGD ini dapat menghasilkan angka dalam besar rupiah sehingga menjadi gambaran secara nyata dan menjadi pijakan untuk mengambil langkah dan kebijakan karena telah di petakan bidang ekonomi kreatif dari 16 sub sektor yang ada.

Dra. Rukayah, M.Si Kabid Penelitian dan Pengembangan sekaligus Plt. Sekretaris Barenlitbang Kota Malang, dalam sambutannya mengatakan bahwa dari FGD kali ini diharapkan dapat tersusun dokumentasi pengukuran angka PDRB ekonomi kreatif dari 16 sub sektor sehingga memproyeksikan evaluasi dan target capaian PDRB tahun 2019- 2023. (Ts)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Juli 2019

Leave a Comment