Malang City Expo 2019 Jadi Gelaran Event Tahunan di Kota Malang

Malang – Bertempat di Stadion Luar Gajayana Malang pada hari Kamis (18/7) telah dilaksanakan pembukaan Malang City Expo 2019.

Gelaran expo yang di inisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota malang tersebut dibuka dan dihadiri Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI, Victoria Simanungkalit; Counselor of Fiji Embassy, Mr. Isaac Grace; Trade Commisioner of Malaysia Embassy, Amirul Azman Ahmad.

Walikota Malang, H. Sutiaji beserta Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji dengan didampingi Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani menyambut kehadiran seluruh tamu undangan dan peserta expo yang hadir pada kegiatan tersebut.

Walikota Sutiaji dalam sambutannya mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi kita semua dan khususnya bagi para pelaku usaha dalam mengupayakan memantapkan jaringan usaha antara lain: meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi, kemasan dan kualitas sehingga usaha yang dijalankan menjadi efisien; meningkatkan informasi dalam maupun luar tentang produk yang sumber pembelian; meningkatkan akses pasar bahan baku, terutama dalam hal penyediaan bahan baku yang kurang memadai; dan para pelaku usaha harus berperan lebih nyata dalam membantu pemasaran produk usaha kecil. “Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut diharapkan usaha kecil dan menengah akan mampu bersaing dengan para pelaku usaha lainnya dan secara bertahap akan dapat membangun image yang baik terhadap produknya” kata Sutiaji.

Apresiasi positif juga disampaikan Walikota Sutiaji atas terselenggaranya kegiatan ini; dengan harapan melalui event ini akan mampu mewujudkan UMKM menjadi sebuah usaha ekonomi yang kreatif, tangguh, mandiri, berprospek serta dapat memberikan kontribusinya secara optimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah.

Di era globalisasi ini kita menyadari persaingan dalam dunia usaha dan perubahan selera konsumen sangatlah cepat dan ketat sehingga menuntut semua pelaku ekonomi bekerja keras untuk menghadapi persaingan dan lebih jeli dalam melihat peluang usaha/pasar yang ada dengan memantapkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya akan memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat. Antara lain pendapatan masyarakat akan meningkat, lapangan kerja akan terbuka luas dan berbagai usaha terkait akan tertarik pula untuk berkembang.

Namun dalam perkembangan pembangunan ekonomi, berbagai masalah masih dihadapi oleh kebanyakan UKM. Kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UkM. Permasalahan ini menjadi hambatan yang berat dalam perekonomian global yang semakin kompetitif.

“Meskipun banyak kendala-kendala yang dihadapi para pelaku usaha, namun saya yakin dan optimis dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti ini akan memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuhkan dan mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih baik dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia dan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai, maka produk tersebut akan mempunyai daya saing yang kuat dalam merebut pangsa pasar” tandas Sutiaji lagi.

Di lokasi yang sama, Victoria Simanungkalit juga menyampaikan pesan dari Menteri Koperasi dan UKM RI agar event Malang City Expo dapat menjadi event tahunan yang terus dipertahankan eksistensinya. Harapannya adalah agar selain dapat meningkatkan perekonomian daerah juga mampu menjadi wisata event untuk menarik wisatawan.

“Kami akan terus berkomitmen untuk mendukung Kota Malang dalam rangka peningkatan kualitas UMKM yang ada di sini” ujar Victoria.

Pameran, Festival Kuliner Milenial, Business Forum dalam rangka B2B, Pagelaran seni dan festival budaya, Lomba mewarnai 1000 anak, Lomba stand terbaik, Ngalam Fun Cooking, Kontes Kopi dan Barista menjadi ragam kegiatan yang menyemarakkan perhelatan Malang City Expo 2019 tersebut. (Ts)

                 

Posted in: Dokumentasi

Leave a Comment