Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Malang Tinjau Sumber Air PDAM di Wendit

Malang (24/6) – Walikota Malang Drs. Sutiaji meninjau pompa Air dan sumber Air Wendit di Jalan Raya Mangliawan Wendit Pakis. Ada keluhan pelanggan terkait air yang dialirkan PDAM terkait debit air yang semakin menurun, bahkan tak mengalir di jam-jam tertentu. “Saya sendiri juga bertanya-tanya sebelumnya, kenapa mengalirnya kecil. Tapi setelah saya lihat langsung prosesnya, sekarang saya sudah tahu,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini PDAM Kota Malang menjelaskan bahwa sumber air Wendit menyuplai 70 persen kebutuhan PDAM di Kota Malang. “Pompa Wendit 1 masuk langsung ke pelayanan dan berakhirnya di tandon mbetek. Pompa Wendit 2 kombinasi antara pelayanan dan mengisi tandon. Sedangkan Pompa Wendit 3 langsung mengisi tandon buring dan mojolangu.” Ujar Ari Mukti Direktur Teknik PDAM menjelaskan lebih rinci.

Dari hasil pantauan yang dilakukan, saat ini sumber air yang ditampung untuk kemudian dialirkan ke pelanggan memang mengalami penurunan. Terjadi penurunan ambang batas air yang ditampung biasanya setinggi 2 meter lebih namun saat ini hanya tinggal 1 meter saja, sehingga membuat debit air yang mengalir ke rumah tangga berkurang.

Pemerintah Kota Malang terus berinovasi dalam pemenuhan air baku PDAM untuk tetap mampu melayani kebutuhan masyarakat. Pemkot berupaya agar air sungai bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku PDAM kedepan. Feasibility Study (FS) dilakukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019 dan berlanjut dengan Detail Engineering Desain (DED) dalam APBD 2020. “Saya target, 2020 atau 2021 sudah terealisasi,” tegas Sutiaji.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *