Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Akan Gelontor Rp 2 M per kelurahan, Walikota Minta Wilayah Tingkatkan Mutu Kinerja

Penguatan wilayah menjadi perhatian Walikota Malang Sutiaji. Seperti diutarakan Walikota Sutiaji kala memberikan pembekalan singkat kepada Camat Lowokwaru beserta jajaran Lurah di wilayah kecamatan Lowokwaru di sela sela giat silaturahmi halal bi halal bersama ASN dan komponen masyarakat kecamatan Lowokwaru (14/6 ’19).

“Tahun 2020, per wilayah akan digelontor anggaran sebesar Rp 2 M. Maka saya minta ini mampu dioptimalkan (camat dan lurah) untuk kemajuan masing masing wilayah kelurahan. Kaitan itu akan ada pembekalan dan workshop secara khusus untuk manajemen pengelolaan anggaran tersebut, dan saya minta setiap lurah untuk memperhatikan dan mempedomani hal itu, “pesan Sutiaji.

Hal lain yang ditekankan Walikota kepada Camat dan Lurah, agar terus membangun hubungan yang harmonis dengan LPMK, BKM serta tokoh tokoh masyarakat. “Bangunlah komunikasi yang sinergis dengan masyarakat, tidak boleh ada cerita “gesekan” antara aparatur dengan masyarakat serta kuatkan jejaring dengan tokoh masyarakat dan terus mantabkan hubungan tri partit antara kelembagaan kelurahan, LPMK dan BKM, “perintah Pak Aji, demikian Walikota Malang akrab disapa.

Secara khusus Sutiaji juga memerintahkan para lurah untuk memainkan peran pejabat struktural dibawahnya (seklur dan jajaran kasie red.). “Ke depan tidak ada lagi yang namanya “tunpeng” (tunjangan penghasilan) yang ada adalah “tukin” (tunjangan kinerja). Dan itu nanti bukan semata absensi kehadiran atau kelas jabatan, tapi ada poin konkrit terkait dengan output kinerja. Maka tidak boleh ada hanya duduk duduk saja atau sekadar finger (absensi) namun Pak Camat dan Pak Lurah melihat dengan betul keluaran kinerja aparatnya. Pelan tapi pasti akan kita develop sebuah aplikasi yang dapat menjadi sebuah tabulasi penghitungan kinerja aparatur, “tegas Walikota Sutiaji. Ini sejalan dengan PP 20/2019 tentang manajemen kinerja, bahwa keaktifan ASN (kasie dan anggotanya, untuk jajaran kelurahan red) ) akan menjadi instrumen penilaian. Stressing Walikota semakin kuat karena pelayanan publik ke depan akan dipusatkan di kelurahan.

Sementara itu halal bi halal yang berlokasi di kantor kecamatan Lowokwaru berjalan gayeng, Walikota hadir didampingi KaSatpol PP kota Malang, Prijadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *