Safari Ramadhan Masjid KH. A. Dahlan

Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko berserta sejumlah kepala OPD, Dirut PDAM, dan Camat melakukan safari Ramadhan kedelapannya di Masjid KH. A. Dahlan didalam Panti Asuhan Muhammadiyah, Jl. Kawi 637, Kel. Bareng Kec. Klojen, Rabu (15/5).

Bung Edi sapaan akrab Wakil Walikota Malang mengapresiasi pola pengasuhan panti yang berbasis pesantren. Pola itu merupakan salah satu cara mewujudkan kasih sayang antar umat serta bersama-sama merawat keutuhan negara ini. “Tugas utama kita, melalui kegiatan ini untuk semakin mendekatkan antara pemerintah dengan seluruh masyarakat, termasuk panti. Sekaligus sebagai upaya menjaga merawat utuhnya berdirinya RI,” ujarnya.

Malam kesepuluh dalam Ramadan 1440 H ini harus dimanfaatkan dengan baik. “Hikmah 10 hari, sering kita dengar bahwa pintu rahmat tercurahkan kepada kita semua. Makannya jangan sampai lupa pintu rahmat ini, pun perlu penyemaian dan perawatan selaku umat, selaku warga Kota Malang kepada sesama warga,” ujar Bung Edi.

Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Bareng, Dasuki mengatakan bahwa Panti Asuhan Muhammadiyah di Bareng memiliki 52 anak asuh. Untuk menjadi anak asuh, pihak panti asuhan memberikan persyaratan seperti status anak yang duafa, maupun yatim piatu. “Kami cukup beruntung karena banyak pengusaha, pejabat, pemain Arema yang menjadi donatur. Juga ada pengembangan ekonomi secara mandiri, salah satunya dengan membuat guest house. Anak-anak juga belajar menabung sejak pertama masuk. Sehingga saat tamat lulus SMA sudah punya tabungan baik untuk modal atau melanjutkan pendidikan,” ujarnya.

Dalam safari ramadhan putaran kedelapan ini, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang memberikan bantuan dana Baznas sebesar 10 Juta langsung diberikan kepada takmir masjid. Untuk diketahui ZIS (zakat infaq shadaqah) yang dikelola baznas merupakan sebagian besar dari para ASN di Kota Malang. Harapannya masjid yang kita bantu dapat menjadi UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Baznas Kota Malang sebagai kepanjangan dari Baznas Kota Malang yang fungsinya mengumpulkan dan mendistribusikan dana ZIS di lingkungan masjid tersebut. (EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment