Stok Darah Selama Ramadhan dan Jelang Lebaran Dinyatakan Aman di PMI Kota Malang

Malang – Memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang menyatakan bahwa stok darah terbilang cukup aman sampai H+7 Lebaran nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala UTD PMI Kota Malang, dr Enny Sekar Rengganingati. Menurut dr Enny, saat ini jumlah darah yang tersedia adalah sebanyak 1870 kantong. “Untuk memenuhi kebutuhan darah di Malang Raya hingga H+7 Lebaran nanti, kami menargetkan agar minimal satu hari ada 70 kantong darah yang masuk ke PMI” ujarnya.

“Memang di awal puasa, jumlah pendonor cenderung menurun; namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena saat ini jumlah pendonor sudah semakin meningkat dari hari ke hari” tambah dr Enny.

“Sebagai bentuk apresiasi kami kepada warga yang sudah donor, kami memberikan beras lima kilogram kepada para pendonor selama bulan ramadhan ini” tuturnya.

Enny juga menjelaskan, selama bulan puasa ini, pihaknya memberikan pelayanan maksimal bagi para pendonor hingga pukul 21.30.

Sementara itu, ditempat terpisah, Walikota Malang, H. Sutiaji juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar tetap melakukan donor darah meski sedang berpuasa; sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama. “Justru selama bulan penuh berkah ini kita dapat berlomba-lomba mencari pahala; salah satunya adalah dengan tetap mendonorkan darah kita untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan” tandasnya.

PMI Kota Malang, lanjut Sutiaji harus terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pendonor terutama selama bulan puasa ini; kalau perlu lakukan program jemput bola untuk menambah pendonor.

Berdasarkan data yang ada, terhitung sampai dengan hari Rabu tanggal 15 Mei 2019 pukul 09.43 WIB jumlah darah utuh / lengkap sebanyak 700 kantong, sel darah merah pekat sebanyak 897 kantong, trombosit sebanyak 78 kantong, plasma segar beku sebanyak 91 kantong dan Anti Hemofili Faktor sebanyak 104 kantong. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment