Walikota Malang Berangkatkan Kirab Budaya 2019

Malang- (4/5) Walikota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widyowati, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, ketua pelaksana kirab budaya Hardiknas 2019 Drs. Burhanuddin, M.Si., memberangkatkan Kirab Budaya di depan kantor Dinas Pendidikan Kota Malang Jalan Veteran No. 19. Kirab Budaya ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019. Kegiatan yang diikuti enam ribu peserta dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak  Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri maupun Swasta se Kota Malang.

Rute Kirab Budaya dimulai dari depan kantor Dinas Pendidikan Kota Malang Jalan Veteran, jalan Sumbersari, Jalan Surabaya, Jalan Jakarta, Jalan Bogor dan kembali ke Jalan Veteran. Kirab Budaya ini memaknai lima moment penting yakni memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Hari Ulang Tahun Kota Malang ke-105, Hari Kartini Tahun 2019, Hari Bumi serta menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Walikota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan terima kasih kepada insan pendidikan Kota Malang yang senantiasa mendidik, membimbing, mengajari dan membekali anak  anak generasi penerus bangsa dengan ilmu yang bermanfaat. “Sejatinya anak merupakan investasi masa depan. Manakala saat ini kita mendidik, membimbing dan mengajarkan hal baik yang kelak dikemudian hari mampu menjadikan anak didik sebagai insan yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. ” ujarnya.

“Tertiblah dalam melaksanakan Kirab Budaya Hardiknas 2019, dengan tidak menganggu arus lalu lintas secara berlebihan, tunjukkan pada masyarakat luas bahwasannya kita adalah insan terdidik yang tertib berlalu lintas. Marilah kita beri suri tauladan yang nyata pada anak didik yang kelak akan meneruskan estafet kepemimpinan negeri ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing, memberikan pertolongan, memberikan kekuatan dan naungan-Nya dalam menjalankan aktivitas sehari hari, menunaikan tugas dan kewajiban hari ini, hari esok dan masa mendatang” pungkas Sutiaji sesaat sebelum pemberangkatan Kirab.

Berbagai kostum dikenakan ribuan peserta untuk memeriahkan kirab budaya Hardiknas 2019. Terlihat peserta yang menggunakan busana penari topeng, peserta menggunakan kostum baju adat dari berbagai belahan nusantara, hingga busana muslim. Tema kirab Menguatkan pendidikan, memajukan budaya sangat terasa dalam gelaran ini. “Seperti penampilan Jula-Juli merupakan kombinasi keseimbangan otak kanan dan otak kiri, dimana otak kanan untuk berpikir terkait akademi dan otak kiri untuk kreatifitas budaya” ujar Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang.(EM)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment