Walikota Sutiaji : Anak Muda Saat Ini Harus Melek Teknologi dan Informatika

Malang – Dalam rangka mengembangkan kualitas dan kemampuan anak – anak muda untuk membuat serta mengelola website, Dinas Pendidikan Kota Malang bekerja sama dengan Malang Times menggelar Journalist Camp 2019 Pembinaan OSIS dan Guru SMP se Kota Malang.

Pada kegiatan tersebut, para peserta akan diajarkan berbagai hal tentang dunia jurnalistik serta membuat website dan mengelolanya. Kegiatan yang digelar pada hari Kamis (4/4) di Kawasan Kuliner Pan Java, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau Kabupaten Malang itu dibuka secara resmi oleh Walikota Malang, H. Sutiaji.

Dalam sambutannya Walikota Sutiaji memberikan apresiasi positif atas digelarnya kegiatan yang dapat memotivasi para siswa untuk terbiasa menulis, sehingga mampu meningkatkan keahliannya dalam dunia tulis menulis.

Pendidikan jurnalistik, tidak hanya bisa diterapkan pada jejang pendidikan tinggi saja, namun perlu diterapkan sejak di bangku sekolah lanjutan pertama. Karena saat ini minat siswa SMP hingga SMA / SMK terhadap jurnalistik dan tulis menulis masih sangat kurang, termasuk para pengajarnya.

“Padahal kegiatan yang masuk kategori ekstrakurikuler itu sangat penting bagi siswa, karena manfaatnya akan menambah ilmu pengetahuan dan informasi bagi mereka” ujar Sutiaji.

“Terkait hal itu, saya menyambut baik kegiatan ini, karena melalui kegiatan seperti ini akan dapat mengasah kemampuan menulis siswa sejak dini, menambah pengetahuan mereka secara gamblang tentang segala sendi kehidupan , agar para siswa tidak bertindak pasif saat mendapat berbagai informasi” tambahnya.

Melalui kegiatan ini pula, Sutiaji berpesan kepada para peserta untuk dapat menerapkan ilmu yang sudah di dapat pada kehidupan sehari-hari, utamanya dalam rangka membuat dan mengelola website. “Karena kita ketahui bersama, saat ini kita sudah memasuki era digital, anak-anak didik kita harus terus diarahkan untuk dapat menggunakan teknologi berbasis internet sehat dalam kehidupan sehari – hari” tegas Sutiaji.

Melalui website dan kanal-kanal yang ada, lanjut Sutiaji, kita dapat memberikan serta mendapatkan berbagai informasi sekaligus mempromosikan produk-produk lokal yang kita miliki; tujuannya adalah dalam rangka peningkatan ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Kemampuan seperti inilah yang perlu terus dipupuk dan dibangun, karena jusru berangkat dari hal-hal mendasar seperti ini, kita pantas berharap, bahwa kelak akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang tangguh dan siap melanjutkan estafet pembangunan negara” harapnya. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment