Walikota Sutiaji Dorong Masyarakat Untuk Safety Riding

Malang – Bersama Kementerian Perhubungan RI, khususnya Dirjen Perhubungan Darat, Drs. Budi Setyadi, SH, M.Si; Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji mengikuti Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Berkendara pada Minggu 23 Maret 2019 di wahana Car Free Day Malang kawasan Jalan Besar Ijen Samping Perpustakaan Umum Kota Malang.

Kegiatan tersebut diawali dengan Gowes bersama yang mengambil start dari depan Hotel Ijen Suite Malang dan finish di Jalan Besar Ijen. Ratusan peserta gowes turut memeriahkan kegiatan dimaksud.

Ratusan siswa siswi TK, SD dan SMA / SMK se Kota Malang yang turut menyemarakkan kegiatan kampanye Sadar Lalu Lintas Usia Dini ( SALUD ) sebagai salah satu rangkaian Sosialisasi.

“Pelibatan peserta didik jenjang TK dan SD dalam kegiatan pada pagi hari ini merupakan sebuah usaha nyata untuk membentuk karakter anak tertib berlalu lintas sejak dini. Tertib berlalu lintas menjadi sebuah bagian perilaku disiplin serta budaya antri untuk saling hormat menghormati hak pengguna jalan. Mengingat saat ini Kota Malang merupakan daerah yang pesat perkembangan, pertumbuhan serta pertambahan jumlah penduduk yang diiringi oleh peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Dengan berbudaya tertib berlalu lintas, dan berbudaya antri, saling hormat menghormati maka dapat meminimalisir kemacetan dan yang terpenting menekan angka kecelakaan berkendara” terang Walikota Sutiaji.

Lebih lanjut Drs. H. Sutiaji menambahkan Pemerintah Kota Malang terus mendorong pembentukan insan berkarakter dan bermartabat sejak dini salah satunya melalui Dinas Pendidikan Kota Malang yang selama ini dinilai terus berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai program kerjanya seperti operasional bis sekolah, kerjasama dengan berbagai pihak serta lintas sektor, dan akan terus didorong untuk terus melakukan pengembangan dan inovasi.

Kota Malang merupakan Kota kedua setelah DKI Jakarta yang dipilih Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan sebagai lokasi Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Berkendara.

Sutiaji juga berpesan kepada peserta didik di tataran jenjang SMA / SMK; jika belum cukup umur untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor jika belum cukup umur atau tidak memiliki SIM. “Mulailah untuk tertib berlalu lintas dan selalu mengutamakan keselamatan diri agar tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Malang menurun; utamanya bagi anak-anak kita yang belum cukup umur” tegasnya.

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan bahwasannya Kota Malang dipilih dengan pertimbangan banyaknya Universitas yang ada di Kota Malang yang otomatis berimplikasi pada banyaknya Mahasiswa yang ada di Kota Malang serta berkendara di ruas jalan Kota Malang. Tingkat kecelakaan yang masih tinggi dan perlunya penanaman kesadaran tertib berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri serta keselamatan orang lain menjadi titik utama tujuan diselenggarakannya kegiatan pada pagi hari ini. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment