Sutiaji: Rakor Apeksi Memiliki Peranan Strategis Bagi Pemerintah Daerah

Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, berharap agar Rapat Kordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakor Apeksi) Komisariat Wilayah IV yang berlangsung di Surabaya bisa berimbas pada perkembangan di daerah. Pasalnya, Rakor pada tahun ini untuk menyusun rencana strategis dalam pada tahun 2020 mendatang.

Dikatakannya, pemerintah daerah, pada saat ini, harus kompetitif tidak saja secara lokal, namun juga secara global, karena persaingan sudah terbuka pada era keterbukaan seperti saat ini.

“Rakor APEKSI ini diharapkan menjadi hal yang strategis dalam pembangunan daerah khususnya di Kota Malang,” kata Sutiaji.

Ia menambahkan, perlu adanya kolaborasi dan sinergi antar pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan dan memperbaiki layanan publik. “Karena itu forum Apeksi ini dirasa sangat strategis dalam rangka membangun daerah bersama dengan kolaborasi bersama pemerintah daerah lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang pada Rakor Apeksi kali ini menjadi tuan rumah, mengucapkan selamat datang kepada para peserta. “Kami masyarakat dan Pemkot Surabaya menerima dengan tangan terbuka kehadiran para bapak ibu wali kota untuk gelaran Apeksi ini,” kata Risma selaku tuan rumah Musyawarah Kerja Koordinator Wilayah IV Apeksi, yang digelar di JW Mariot Hotel (23/3) yang Mengambil tema “Penguatan Peran Pemerintah Kota terhadap Implementasi Kebijakan Pemerintah”

Dijelaskan, tidak ada persaingan antara kota Surabaya dengan Kota Malang, DKI Jakarta ataupun Bandung. Menurut Risma, saat ini Pemerintah Daerah menghadapi persaingan internasional. “Yang harus kita sadari, kita menghadapi dan bersaing dengan pihak luar negeri, sehingga kita, kota kota yang ada harus ambil positioning yang kuat berhadapan dengan pihak luar. Ini lah semangat yang harus dikuatkan dalam Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia),” tandasnya.

Perlu diketahui, Rakor Komwil IV Apeksi ke-15 ini, diikuti oleh 13 kota anggota APEKSI wilayah IV yang terdiri dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram dan Kota Denpasar. Agenda yang berlangsung mulai Jumat, 22 Maret hingga Minggu 24 Maret 2019 itu, bertujuan untuk penyusunan program kerja APEKSI Wilayah IV tahun 2020.

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment