Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Lomba INOTEK 2019 di Mulai

Malang – Jum’at (15/3) Diruang Sidang Balaikota Malang telah dilaksanakan Sosialisasi Lomba Inovasi Teknologi (INOTEK) tahun 2019 oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST.,MT , Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Barenlitbang Kota Malang, Dra. Rukayah, M.S, dan narasumber yang juga salah satu dewan juri, Mangku Purnomo, SP.,M.Si.,Ph.D.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan dari OPD Kota Malang. Kegiatan Inotek ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian dan daya saing daerah, memajukan penelitian, pengembangn dan penerapan IPTEK serta pengakuan prestasi masyarakat. Inotek 2019 ini mengambil tema Toward the Future of Malang. Akan muncul inovasi-inovasi yang mendukung Malang City Heritage, Malang Creative, Malang Service, Malang 4.0, Malang Halal dan Malang Nyaman. 

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso menyampaikan harapannya dengan Inotek ini akan menginspirasi, memotivasi dan memacu kreatifitas karena di Tahun 2019 ini sudah memasuki industri kreatif 4.0.

Selanjutnya, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Barenlitbang Rukayah menyampaikan Lomba Inotek tersebut memiliki beberapa kategori seperti Agribisnis, Energi, Kesehatan dan Lingkungan serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peserta juga dapat mendaftar tanpa dipungut biaya, pembiayaan tersebut murni berasal dari APBD dan berlaku untuk umum 1 tim maksimal 5 orang, 1 tim terdiri dari 1 inovasi dan memperhatikan Tingkat Kesiapterapan Teknologi.

“Sosialisasi ini merupakan season pertama, season kedua akan dihadiri peserta SMA/SMK dan SMP, kemudian season ketiga nanti di laksanakan di gedung widyaloka  Universitas Brawijaya sasarannya kepada dosen dan mahasiswa yang ada di wilayah kota malang” ujar Rukayah.

Mangku salah satu dewan juri dalam inotek menjelaskan bahwa inovasi dilakukan untuk mempermudah kerja, mengefisiensi kerja, melipatgandakan keuntungan dan menjadi penghasilan pasif. Inovasi dikategorikan menjadi  4 bidang yaitu Agribisnis, energi, teknologi informasi dan komunikasi serta  kesehatan dan lingkungan.

Telah dibuka pendaftaran untuk inovasi-inovasi baru. Untuk info Inotek 2019 selengkapnya bisa dilihat di https://inotek.malangkota.go.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *