Walikota Malang hadiri Launching Pusat Halal LP2M UM

Malang – Bertempat di Gedung Sasana Budaya UM (Universitas Negeri Malang) pada hari Jumat (08/02) Walikota Malang, Drs.H.Sutiaji hadiri acara Penandatanganan MoU, Launching Pusat Halal (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) LP2M UM, dan seminar dengan tema Peran Perguruan Tinggi dalam Implementasi UU Jaminan Produk Halal.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Negri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, Kepala Badan Peyelenggara Jamian Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc. Ph.D, Kepala Depag Malang Raya, Ketua MUI Malang Raya, Pusat Kajian Halal PTN/PTS Malang Raya dan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Malang Raya.

Dalam Sambutannya Sutiaji mengucapkan terima kasih atas terbentuknya Halal Center di Universitas Negeri Malang dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. “Berkaitan dengan masalah halal ini, malang merupakan destinasi wisata halal. Apalagi sekarang sudah ada food center, kedepannya akan terus dikembangkan. Seiring dengan hal tersebut pemerintah akan melakukan sertifikasi tempat-tempat seperti restoran, hotel warung dan tempat-tempat kuliner, kami akan buat 2 pasar halal” ujarnya

“Terkait dengan produk halal, tahun 2019 kami berharap Malang menjadi destinasi wisata halal karena memiliki potensial yang dilihat dari kepopulerannya dimancanegara, variasi destinasi, iklim sejuk dan infrastruktur yang sudah memadai” pungkas sutiaji.

UM kini memiliki Pusat Halal dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Kepala Pusat Halal adalah Prof Dr Heri Pratikto MSi. Pusat Halal UM ini juga menjalin kerjasama MoU dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Walikota Malang Sutiaji.

Kehadiran lembaga ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan dampak pada masyarakat. Hal ini juga selaras the future of Malang; Malang Halal, centre of halal tourism, konsep Malang kedepan yang selalu disampaikan Walikota Malang Sutiaji. Halal tidak hanya identik dengan salah satu agama, akan tetapi lebih menekankan pada proses olah dari bahan makanan yang harus dipastikan aman dan sehat yang muaranya tentu akan bermanfaat bagi semuanya.

Selanjutnya Rektor UM, Ahmad Rofi’uddin menyampaikan “Salah satu kontribusi kami untuk warga malang salah satunya yaitu memberi panduan dan bimbingan bahwa adanya Halal Center menunjukkan adanya makanan berlabel halal dan tidak halal” pungkasnya. (Ef/Rz)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment