Berita TerbaruHeadline

Pemkot Malang Canangkan Program “UMKM Naik Kelas”

Malang – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang menggelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kemampuan Wirausaha Mikro melalui Bimtek Pembuatan Bisnis Plan Bagi Usaha Mikro, di Hotel Trio Indah 2 Malang, Selasa (13/11).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Tri Widyani dan diikuti oleh peserta dari kalangan pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di Kota Malang.

Dalam sambutannya, wanita yang akrab disapa Yani itu menegaskan, jika saat ini Pemerintah Kota Malang sangat konsen terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, dimana salah satu komponen yang mampu mendongkrak hal itu asalah usaha kecil dan menengah.

“Dinas Koperasi dan UMKM memprogramkan agar usaha kecil menengah bisa naik kelas, dan ini perlu kerja keras semua pihak,” kata Yani.

Beberapa hal yang sedang didorong oleh pihak pemerintah, lanjut Yani adalah bagaimana melakukan pendampingan dari proses produksi, pemasaran hingga menata administrsi agar usaha bisa berjalan dengan lancar.

“Kami harapkan ketika dinas sudah memfasilitasi dengan memberikan pelatihan, harapannya bisa diikuti oleh para pelaku usaha. Karena selain dapat ilmu juga dapat jaringan,” tukasnya.

Selain itu pelaku usaha kecil dan menengah juga harus memiliki strategi besar agar usaha yang mereka jalankan bisa berkembang dan mampu naik kelas. Harapannya, jika semua hal itu tercapai, maka cita bersama untuk mengerek perekonomian masyarakat bisa tercapai dengan baik.

“Pak Wali Kota memiliki visi dan misi yang kuat terkait bagaimana mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal ini harus kita tangkap sebagai semangat bersama dalam mewujudkan hal itu,” pungkasnya (Sa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *