Sister School SMAN 9 Malang dengan SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia

Menjadi sebuah kehormatan bagi Kota Malang yang dikenal sebagai kota pendidikan dan budaya ini menjadi tujuan kerjasama Sister School SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia dalam rangka student exchange dengan SMAN 9 Malang, yang diterima langsung Ruang Sidang Balaikota Malang pada (30/10) . Turut hadir dalam penyambutan Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, Kepalas SMAN 9 Malang, Dr. Abdul Tedy, M.Pd, UPT Provinsi Jawa Timur wilayah Malang dan Batu, Drs. Gunawan, M.M, serta pewakilan dari SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia, Azar Aminullah Bin H. Arifin, Amn.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah menyampaikan bahwa di era globalisasi yang diwarnai dengan derasnya arus informasi membuat generasi muda lebih mudah menyerap informasi dan budaya dari segala penjuru. Apabila ditinjau dari segi pendidikan era globalisasi ini mendorong proses belajar mengajar tenaga pendidik maupun siswa mengarah kepada sistem pendidikan yang mengacu pada sistem informasi dan komunikasi.

Program student exchange ini menjadi salah satu cara untuk mengahadapi tantangan-tantangan globalisasi diantaranya adalah meningkatkan efektifitas kemampuan pengambilan keputusan dalam berorganisasi. “Terkait hal tersebut program pertukaran pelajar ini sangat saya apresiasi positif, karena dengan adanya student exchange ini disamping menambah pengetahuan dibidang pendidikan, hal ini juga akan memberikan pengetahuan berupa ada istiadat dan kebudayaan yang akan meningkatkan rasa persaudaraan” pungkas Zubaidah.

Disisi lain UPT Provinsi Jawa Timur wilayah Malang dan Batu Drs. Gunawan, M.M menyampaikan informasi bahwa selain menjalin kerjasama berupa student exchange bersama SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia, SMAN 9 Malang telah melaksanakan student exchange dengan negara Thailand dan Taiwan sebelumnya. “Sebelumya kami juga mengadakan kegiatan seperti ini dengan Thailand dan Taiwan. Saat ini saya menyampaikan bahwa perwakilan SMAN 9 Malang yang hadir pada hari ini yaitu 9 guru dan 34 siswa. Sedangkan dari SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia berjumlah 5 guru dan 28 siswa.” ujar Gunawan. Rencananya SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia akan memulai kegiatan student exchange pada bulan Januari 2019 mendatang.

Mewakili SMK Bukit Mertajam Penang Malaysia Azar Aminullah menyampaikan pilihan student exchange di Malang dikarenakan Kota Malang merupakan kota pendidikan dan budaya. “Kami berkongsi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perkenalan budaya antar kedua negara, supaya tercapainya tali persaudaraan diantaranya dan membentuk SDM yang berkarakter.” pungkas Azar. (edo/vd)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment