Pimpin Apel Bulan Bhakti Karang Taruna, Sutiaji Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, berpesan kepada anggota Karang Taruna Kota Malang, agar terus aktif turut serta dalam membangun daerah. Pasalnya, Karang Taruna sebagai entitas pemuda, harus mampu berada di garda terdepan dalam pembangunan Kota Malang.

“Anak muda adalah garis terdepan bagaimana nasib Kota Malang masa mendatang. Secara matematis anak muda punya masa depan yang masih jauh kedepan,” kata Sutiaji saat memberi amanat dalam Apel Bulan Bhakti Karang Taruna Kota Malang di halaman luar Stadion Gajayana, pada Sabtu (27/10).

Salah satu komponen utama dalam pembangunan, lanjut Sutiaji, adalah upaya menjaga persatuan dan kesatuan serta perdamaian di Kota Malang. Dalam hal ini, anak muda khususnya anggota Karang Taruna diharapkan sangat berperan aktif di dalamnya.

“Akhir-akhir ini banyak sekali informasi beredar yang memecah belah persatuan kita. Karena itu, perlu kekuatan bersama untuk menjaga persatuan,” imbuhnya.

Dijelaskan jika saat ini dunia memasuki gelombang ketiga yang ditandai dengan derasnya arus informasi. Hal ini, lanjut Sutiaji, bisa saja menjadi sesuatu yang bermanfaat jika mampu dikelola dengan baik dan benar.

“Akan tetapi sampai saat ini kita masih menjadi objek informasi bukan subjek informasi. Karena itu mari kita validasi dan kita cek kebenaran informasi itu, karena jika tidak maka kita akan dipecah belah dengan informasi tersebut,” bebernya.

Wali Kota Malang dalam kesempatan itu juga membeberkan peran anak muda dalam sejarah berdirinya negara Indonesia. Embrio peran anak muda, kata Sutiaji, dimulai dari tahun 1908 dan dilanjut Sumpah Pemuda pada tahun 1928 dengan pesan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

“Akhirnya pada tahun 1945 dengan semangat itu bangsa Indonesia bisa merdeka dan hal itu tak bisa dilepaskan dari peran anak muda di dalamnya,” ujar Sutiaji.

Kegiatan Apel Bulan Bhakti Karang Taruna dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Sekda Kota Malang, Wasto, serta para camat dan lurah.

Wali Kota Malang, juga meninjau stan bazar dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang masih satu rangkaian dalam rangkaian acara Bulan Bhakti Karang Taruna. Terkait hal ini, Sutiaji menegaskan jika Pemkot Malang terus berkomitmen dalam meningkatkan potensi ekonomi masyarakat melalui UMKM.

“Saya dan Pak Wakil Wali Kota Malang terus berkomitmen bagaiaman pembangunan bisa merata di semua sektor termasuk pembangunan ekonomi,” pungkasnya. (Sa)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment