Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Kota Malang Dorong Produk Pengolahan Hasil Pertanian

Dipusatkan di kabupaten Banjarbaru dan kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, Hari Pangan Se Dunia ke – 38 Tingkat Nasional di gelar (18-21/10 ’18). Mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasang Surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”, peringatan dibuka dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Ikut hadir Walikota Malang Sutiaji, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Sri Winarni. “Kota Malang memang bukan daerah pertanian, karena lahan yang kita miliki hanya lebih kurang 1.104 Ha. Namun aspek ketahanan pangan menjadi salah satu fokus perhatian kota Malang, “ujar Sutiaji disela sela meninjau stand produk pertanian kota Malang. Data dari Disperta kota Malang, untuk 1 kali musim tanam di kota Malang, produksi padi dihasilkan 6-7 ton per hektar. Ada pun koefisien tanam di kota Malang ada pada kisaran 2,3 per tahun.

Urban farming (pertanian perkotaan) dan pengolahan hasil produk pertanian menjadi salah satu garapan yang dititipkan Walikota Malang kepada Disperta bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK kota Malang. Sri Winarni, Kadisperta Kota Malang menguatkan, bahwa produk produk olahan pertanian kota Malang telah masuk dalam IKM dan UMKM. Seperti dawet lele, crispy kemangi, kripik bayem, permen kayu putih, manisan kering kencur, dan yang lainnya.

Sementara itu, Widayati Sutiaji akan menggandeng perguruan tinggi. “Kita (kota Malang) ada lebih 60 perguruan tinggi. Itu harus kita manfaatkan secara optimal, khususnya di bidang riset. Agar makin banyak lagi produk olahan makanan dari hasil pertanian yang dimininati sekaligus kompetitive di pasaran, “ujar Widayati. Keinginan dan ketertarikan Ketua TP PKK Kota Malang yang juga istri Walikota Malang tersebut, makin kuat saat melihat banyaknya pengunjung yang tertarik sekaligus berbelanja produk olahan hasil pertanian kota Malang yang digeber pada ajang pameran produk pertanian se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *