Pemerintah Kota Malang Gandeng Pemerintah Australia Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki jalinan kerjasama sister province dengan Pemerintah Australia Barat sejak tahun 1990. Beberapa bidang yang telah dikerjasamakan antara lain pengembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus (inklusi), keolahragaan, dan konsorsium perguruan tinggi.

Dengan mempertimbangkan potensi pengembangan Kota Malang melalui kerjasama dan usulan kerjasama bidang smart city yang telah diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka Commissioner of Goverment of Western Australia Office yang bertempat di Jakarta dengan diwakili oleh Jenniver Mathews selaku Commissioner dan Maharani Rahsilaputeri selaku Business Development Manager Goverment of Western Australia Office Jakarta, serta Cipto Wibowo, Deidy Setiawan, dan Savira Handayani selaku perwakilan dari Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan pertemuan dan sekaligus berdiskusi tentang peluang kerjasama yang akan dilaksanakan di Pemerintah Kota Malang.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Kerja Walikota Malang pada (16/10). Turut hadir dalam pertemuan Walikota Malang Drs.H Sutiaji beserta Wakil Walikota Malang Ir.H Sofyan Edy Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika , Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, serta Kepala Bagian Barenlitbang Kota Malang.

Dengan pertimbangan Kantor Pemerintah Australia Barat (GOWA) yang bertujuan untuk menghubungkan bisnis Australia Barat dengan peluang-peluang di Indonesia yang fokus pada pendidikan, pariwisata, sumber daya dan energi, agribisnis, dan makanan, Sutiaji selaku Walikota Malang pun sangat mendukung adanya kerjasama yang akan dilakukan antara Pemerintah Kota Malang dengan Pemerintah Australia Barat. “Kami sangat mendukung terlaksananya kerjasama ini. Akan segera disiapan hal-hal yang menjadi pertimbangan kerjasama entah itu dibidang pendidikan, SDM, maupun transportasi mengingat masalah kemacetan di Kota Malang dan hal tersebut perlu dicarikan solusinya bersama. Saya ingin kerjasama ini segera terlaksana dan harus ada tindak lanjutnya” tuturnya.

Dengan semakin berkembangnya era digitalisasi Sutiaji juga meminta dalam hal ini Dinas Kominfo untuk menjalin kerjasama dengan mempertimbangkan keterbukaan informasi serta pengelolaan NCC (Ngalam Command Centre) secara optimal. “Dengan semakin bertambahnya kinerja Dinas Kominfo khususnya dalam mendoronng ekonomi kreatif dan industri kreatif berbasis e-commerce, harapannya dapat meningkatnya income perkapita Kota Malang dapat naik dengan tetap mengutamakan local wishdom” imbuh Sutiaji. (Vd)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment