Sutiaji Sampaikan Visi dan Misinya di Depan Gubernur Jawa Timur

Malang – Bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Malang pada hari Kamis (4/10) telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kota Malang dalam rangka mendengarkan Pidato penyampaian Visi dan Misi Walikota Malang dan Wakil Walikota Malang Masa Jabatan Tahun 2018 – 2023.

Drs. H. Sutiaji selaku Walikota Malang hadir secara resmi dengan didampingi oleh Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Gubernur Jawa Timur, DR. H. Soekarwo juga hadir pada acara dimaksud.

Beberapa point penting yang disampaikan oleh Sutiaji pada acara tersebut adalah Visi Kota Malang adalah Bermartabat atau “Kota Malang Bermartabat”; dimana bermartabat hakekatnya merupakan perwujudan dan implementasi dari kewajiban dan tanggung jawab manusia sebagai pemimpin kepada masyarakat yang dipimpin. Oleh karenanya, bermartabat merujuk pada sebuah nilai harga diri kemanusiaan, yang memiliki arti kemuliaan. “Dengan visi “Kota Malang Bermartabat”, diharapkan dapat tercipta situasi, kondisi, tatanan dan karakter yang mulia bagi Kota Malang beserta segenap masyarakatnya” jelas Sutiaji.

Kota bermartabat adalah sebuah profil Kota Malang yang aman, tertib, bersih dan asri, mandiri, makmur sejahtera, terdidik dan berbudaya serta membawa nilai religius yang tinggi, dilandasi dengan sikap toleransi terhadap perbedaan, bersih dari KKN dan bersungguh sungguh melayani masyarakat dengan sepenuh hati. “Semangat dan dasar itu yang akan membawa Kota Malang memiliki keunggulan, berdaya saing dan menempatkan diri sebagai kota terkemuka yang berprestasi” tutur Sutiaji.

Adapun 4 (empat) misi yang menjadi pedoman gerak selama 5 (lima) tahun kepemimpinan Sutiaji – Sofyan Edi, yakni :
1. Menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga;
2. Mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan dan keterpaduan;
3. Mewujudkan kota yang rukun dan toleran berazaskan keberagaman dan keberpihakan terhadap masyarakat rentan dan gender; serta
4. Memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel.

Keempat misi tersebut, sesungguhnya diarahkan untuk menggapai, mencapai serta mewujudkan misi pada bidang layanan publik dasar, pendidikan dan kesehatan, produktivitas dan daya saing, kesejahteraan dan perlindungan sosial, infrastruktur dan daya dukung terpadu, reformasi birokrasi serta misi di bidang kerukunan dan keragaman budaya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau yang kerap disapa Pakde Karwo menitipkan banyak pesan dan harapan terhadap kepemimpinan Sutiaji – Sofyan Edy selama 5 tahun mendatang. “Saya berharap kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Malang periode kali ini, mampu memberikan banyak kemajuan secara signifikan bagi Kota Malang” ujar Pakde Karwo.

Akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, lanjut Pakde Karwo, melalui pengembangan sektor unggulan berdaya saing tinggi menjadi point penting yang harus diperhatikan oleh Walikota Malang.

Pakde Karwo juga berpesan agar Walikota Malang mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor yang unggul dan berdaya saing, mendorong investasi, modernisasi infrastruktur dan meningkatkan kualitas SDM serta standarisasi kualitas produk dan SDM serta peningkatan promosi dan kerjasama ekonomi.

“Saya berharap Kota Malang tetap menjaga harmonisasi pasca pilkada dengan terus menjalin silaturahmi, menciptakan suasana yang kondusif, melakukan koordinasi dengan BPS Malang untuk menentukan titik nol target kinerja serta segera menyusun RPJMD Kota Malang tahun 2018 – 2023” tandas Pakde Karwo. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment