Sutiaji Apresiasi Program One GM for One SMK

Malang – Kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia usaha terus dilakukan oleh berbagai kalangan. Kali ini Indonesian Hotel General Manager (IHGM) bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Malang Raya untuk memberikan pendidikan akan dunia praktik wirausaha kepada para siswa melalui program bertajuk “One GM for One SMK”.

Agenda sosialisasi dan sharing prgram “One GM For One SMK” Malang Raya ini digelar di Tumapel Ballroom The Singhasari Resort & Convention Batu dan dihadiri oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, Sabtu (29/9)

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang, sangat mengapresiasi adanya program tersebut karena kolaborasi ini sangat penting bagi para peserta didik khususnya siswa SMK. Ia menjelaskan, program One GM for One SMK sesuai dengan harapan pemerintah pusat yang terus memperbaiki dunia pendidikan.

“Adanya program ini sangat penting, karena dengan menerjunkan satu GM ke satu SMK maka akan mempersempit antara teori dengan praktik,” kata Sutiaji dalam sambutannya.

Dijelaskan, saat ini dunia pendidikan terus mengalami perubahan signifikan. Bahan ajar kini tak lagi bersifat konvensional dam verbal melalui buku teks dan melalui guru, melainkan sudah merangsek kepada kehidupan nyata dan praktik di lapangan.

“Jika siswa sejak dini tidak didekatkan dengan kenyataan masyarakat, maka mereka bisa belajar langsung pada kehidupan nyata,” ucapnya.

One GM for One SMK ini, lanjut Sutiaji, diharapkan mampu menciptakan entrepreneur baru dari para siswa SMK se Malang Raya. Transformasi ilmu dari para general manager hotel se Malang Raya ini juga diharap tidak saja mampu mencetak para siswa yang siap kerja melainkan juga menginspirasi siswa untuk mengelola bahkan memiliki hotel.

“Kedepan kerjasama ini bukan saja pada bidang pariwisata saja tapi juga industri, tata boga dan sebagainya,” ujar Sutiaji.

Wali Kota Malang dalam kesempatan itu juga mengatakan jika saat ini tiga pemerintah di Malang Raya yakni Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang, sudah bersepakat untuk bersinergi bersama dalam rangka pembangunan.

“Alhamdulilah kita sudah inisiasi pertemuan tiga kepala daerah dan diharapkan ini mampu menjadi titik awal untuk kemajuan bersama,” tegasnya.

Perlu diketahui saat ini jumlah GM yang tergabung dalam IHGM Malang Raya sudah sebanyak 32 orang dan nantinya akan memberikan pendidikan kepada para siswa SMK.

Tujuan program One GM for One SMK tak lain adalah mencetak para lulusan SMK yang profesional dan mampu bekerja dengan baik, sebab tiga daerah di Malang Raya memiliki potensi wisata yang baik dan kerap menjadi jujugan wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan asing. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment