Maknai Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa

Merujuk pada radiogram Gubernur Jawa Timur Nomor 430/15321/012.2/2018 tertanggal 24 September 2018 perihal Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018. Dimana dalam peringatan tahun ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan simbol dari sebuah upaya yang dilakukan bangsa Indonesia untuk menghadapi percobaan penghianatan atau ancaman terhadap Pancasila. Senin, 1 Oktober 2018 bertempat di Halaman Balai Kota Malang akan diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018.

Gubernur Jawa Timur menghimbau kepada Dinas/ lembaga pemerintah/swasta, TNI/POLRI, Perguruan Tinggi, BUMN/BUMD/ dan seluruh lapisan masyarakat. Agar mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September 2018 dan mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh pada tanggal 1 Oktober 2018.

Hari Kesaktian Pancasila mengandung makna perkabungan nasional. Ditumpasnya kekuatan anti Pancasila, atau berbagai pemberontakan, perlu disikapi dengan pemahaman kesejarahan yang bersifat rasional, bukan dengan irasionalitas keyakinan saktinya Pancasila. (bs/yz/vd)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment