Public Discussion Forum 4.0 FIA UB

Malang (18/9) – bertempat di Ruang Majapahit Balaikota Malang, Yogi Handoyo Waseso, S.Sos, M.Si. Kasubbid Monitorins dan Evaluasi, Mirza Ronald Adisaputra. SE. MM. , serta Diana Ermandra Dewi,. SP, MM. menerima Public Discussion Forum 4.0 dari himpunan jurusan Administrasi Publik FIA UB yang dipimpin oleh Rifki Alvian sebagai ketua pelaksana diskusi dan diikuti oleh 30 peserta. Diskusi ini bertujuan untuk membahas mengenai tata cara penyusunan RPJMD 2013-2018 dan RPJMD 2019-2023 sebagai upaya pengendalian perencanaan pembangunan dan isu strategis Kota Malang.

Dalam sambutannya, Yogi menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada para rombongan dari himpunan jurusan Administrasi Publik FIA UB atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Pemerintah Kota Malang sebagai tempat diskusi.

Kemudian Yogi juga menyampaikan tata cara penyusunan RPJMD menurut Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang bidang perencanaan dan litbang meliputi penyusunan rancangan keputusan kepala daerah tentang pembentukan tim penyusunan RPJMD, orientasi, penyusunan agenda kerja, penyiapan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah berdasarkan SIPD.

Dalam diskusi, Yogi menjelaskan “Acuan dasar Barenlitbang dalam menjalankan tugasnya adalah UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, UU No 23 tahun 2014 pemerintah daerah memiliki kewajiban dasar untuk menjalankan pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, pangan dan dasar tersebut diikuti diseluruh Indonesia dan kewajiban pilihan bersifat menyesuaikan seperti pariwisata dan perdagangan. ” jelasnya.

Kemudian acara dilanjutkan penjelasan dari Mirza sebagai pembicara kedua mengenai persiapan penyususnan RPJMD pasal 4 “Pengajuan rancangan awal RPJMD dilakukan 40 hari sejak kepala daerah dan wakil dilantik, kepala daerah mengajukan rancangan awal RPJMD kepada menteri untuk dikonsultasikan lalu persetujuan pelaksanaan RPJMD dilaksanakan 70 hari sejak kepala daerah dan wakil kepala daerah dilantik” jelasnya.

Sebagai pembicara terakhir, Diana menyampaikan terkait evaluasi awal mengarah pada perumusan kebijakan, evaluasi ongoing, uji keikutsertaan masyarakat, langkah strategis yang dilakukan agar tujuan tercapai, KLHS dalam penyusunan RPJMD.

Diakhir diskusi, diadakan tanya jawab serta pemberian cinderamata dari FIA UB untuk Barenlitbang Kota Malang (vd/yz)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment