Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Kota Malang Raih 2 Penghargaan di Ajang IAA 2018

Jakarta (14/9)– Prestasi gemilang kembali diraih Kota Malang dalam ajang Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018. Acara yang diinisiasi salah satu media besar bekerjasama dengan frontier Group ini digelar di JW Marriott Hotel Jakarta. Kota Malang berhasil meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus, yakni sebagai Kota Terbaik Infrastruktur dan Kota Potensial Investasi versi IAA 2018. Penghargaan diterima langsung oleh Plh. Walikota Malang, Drs. Wasto, SH., MH.

Atas penghargaan itu, Wasto menyampaikan jika prestasi tersebut tidak terlepas dari komitmen Kepala Daerah (red.Walikota Malang, Sutiaji, saat diundang secara bersama dengan Sekkota Wasto pada paparan dihadapan juri) dan hasil kerjasama hasil kerja bersama antar semua elemen baik di lingkungan pemerintahan, masyarakat hingga stake holder terkait. “Kami sangat bersyukur atas dua penghargaan yang diperoleh Kota Malang ini,” ujarnya.

Terkait Kota Malang memperoleh penghargaan di Kategori Kota Terbaik Infrastruktur dan Kota Potensial Investasi, Wasto menjelaskan jika hal itu sejalan dengan program pembangunan Kota Malang. Pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah akan menarik investasi dan membuka kesempatan Kota bertumbuh. Banyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor akan berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah dan sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut.

Plh Walikota Malang, berharap prestasi ini menjadi pelecut semangat bagi semua perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang untuk terus maksimal dalam menjalankan tugas dan terus mengukir prestasi. “Tentunya ini adalah pelecut semangat kami di Pemkot Malang dalam melakukan pembangunan di segala bidang dan pelayanan publik yang baik. Karena itu kami akan terus menjaga dan berupaya menjaga serta terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya

IAA merupakan ajang penghargaan tahunan bagi Pemerintah Provinsi, Daerah Istimewa dan Pemerintah Daerah (kabupaten/kota). Pada kali keempat penyelenggaraannya tahun ini, ada sebanyak 23 kategori penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kota, kabupaten dan provinsi yang menggunakan empat dimensi yaitu Investasi, Infrastruktur, Pariwisata dan Pelayanan Publik dan terangkum dalam Indonesia Attractiveness Index.

Dewan juri IAA 2018 mencakup Pengamat Ekonomi, akademisi, konsultan, dan jurnalis. Diantaranya, yang hadir adalah Bambang Harymurti Direktur PT. Tempo Inti Media Tbk, Handi Irawan CEO Frontier Consulting Group, Prof. Karunia Mulia Firdausi dari Akademisi, Pakar Ekonomi Dr. Aviliani dan Prof. Martani dari Universitas Indonesia.

Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap IAA 2018 yang sudah berlangsung empat kali dan yang mampu meningkatkan gairah Kepala Daerah untuk lebih berani mengambil peran, mengambil keputusan, membuat inovasi demi untuk percepatan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Arahan bapak Jokowi hanya satu kalimat membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien, taat kepada hukum, mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya penguatan otonomi daerah.” katanya

Dijelaskan pula pentingnya investasi sekarang ini “Mari kita saling mengingatkan, saling meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjadikan daerah sebagai daerah tujuan investasi dan dalam dalam upaya mengoptimalkan pembangunan daerah,” pungkas Tjahjo Kumolo. (EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *