Berita TerbaruDokumentasiHeadline

BP2D gelar Tax Goes to Mall

MALANG- Demi mengoptimalkan sistem pelayanan prima kepada masyarakat serta konsisten dalam menggeber Gerakan Sadar Pajak yang telah dilakukan selama kurun waktu lima tahun terakhir, aksi jemput bola terus dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang.

Minggu (9/9) sore, OPD eks Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) itu bakal menggelar ‘Tax Goes to Mall’ di pelataran depan Mall Alun-alun Malang (Ramayana).

Even Tax Goes to Mall menjadi sarana edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat, sekaligus mempermudah proses pelaporan dan pembayaran pajak daerah on the spot.

“Kami ingin lakukan kerja efektif dan efisien melalui sistem jemput bola ini. Sekaligus memberikan layanan ekstra bagi masyarakat, utamanya para Wajib Pajak (WP) sehingga mereka bisa langsung membayar kewajiban pajak di lokasi,” ungkap Kepala BP2D Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT.

Dia menegaskan, bahwa layanan ini digalakkan dengan harapan para WP tak lagi kehilangan waktu dan tenaga untuk membayar kewajiban pajaknya ke Kantor BP2D di Office Block Kedungkandang.

“Di samping itu, kami juga melakukan pendataan potensi usaha baru sehingga berikutnya bisa menjadi WP yang terdaftar di BP2D,” sambung mantan Kabag Humas Setda Kota Malang ini.

Selain membuka loket pembayaran pajak daerah bersama Bank Jatim, petugas BP2D juga akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk dunia perpajakan daerah, baik melalui sistem manual maupun sistem online.

Termasuk diantaranya, semakin mengenalkan Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah alias ‘SAMPADE’, inovasi baru BP2D yang dilaunching bulan Mei lalu.

Mengusung platform Android, kehadiran aplikasi ini bakal semakin memudahkan masyarakat, khususnya para WP, untuk mengetahui informasi tentang perpajakan daerah secara aktual dan efisien.

Mulai dari informasi terkait objek pajak, informasi tagihan dan tunggakan, informasi sistem pembayaran dan pengumuman pajak daerah. Masyarakat juga bisa melakukan konsultasi pajak daerah hingga mengunduh peraturan pajak daerah dari aplikasi baru ini.

Panduan informasi dapat diakses kapan pun dan dimana pun melalui gadget, real time selama 24 jam. Untuk mengaksesnya, masyarakat bisa lebih dulu mengunduh aplikasi SAMPADE di Play Store secara gratis.

“Ini merupakan salah satu produk inovasi perkembangan teknologi informasi yang disediakan untuk memudahkan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada WP dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya,” ungkap Sam Ade d’Kross, sapaan akrab Kepala BP2D.

Pria yang juga dikenal sebagai musisi dan tokoh Aremania ini mengimbau agar masyarakat memanfaatkan kesempatan pelayanan jemput bola ini sebaik mungkin. Terutama mereka yang berada di sekitar kawasan Alun-alun Merdeka. Apalagi jika beruntung, pengunjung yang ambil bagian dalam Tax Goes to Mall berkesempatan membawa pulang aneka doorprize menarik.

Makin heboh, karena band kebanggaan arek Malang, d’Kross Accoustic bakal tampil menggebrak panggung Tax Goes to Mall, akhir pekan nanti.

Kegiatan ini menuai apresiasi dari Plt Walikota Malang, Drs H Sutiaji. Menurutnya, memang diperlukan langkah kreatif dan inovatif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting pajak.

“Apa yang diinisiasi BP2D melalui Tax Goes to Mall sangat saya apresiasi. Semoga makin menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan kewajiban perpajakannya. Karena muaranya pajak dari rakyat untuk rakyat, dalam hal ini demi pembangunan Kota Malang dan kemakmuran warga Bhumi Arema,” tandas Sutiaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *