Kirab Piala Kalpataru 2018

Malang-Bertempat di Halaman Balaikota Malang pada Senin (3/9) Pemerintah Kota Malang menerima kirab piala kalpataru yang diraih oleh Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro, Bambang Irianto. Sebelumnya rombongan kirab ini diberangkatkan dari Universitas Islam Malang (Unisma) untuk kemudian singgah di Universitas Brawijaya (UB) berlanjut ke kantor Malang Post dan berakhir di halaman balaikota Malang.

Turut hadir dalam penyambutan Plt. Walikota Malang, Drs H. Sutiaji, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH. dan pegiat lingkungan di Malang raya.

Berawal dari Kampung Glintung yang merupakan kawasan kumuh, kini berubah menjadi Kampung 3G (Glintung Go Green). Pada tahun 2016 gerakan yang dicetus oleh Bambang Irianto tersebut mampu menyisihkan dari 168 peserta di seluruh Indonesia tersisa 10 orang, sehingga Bambang Irianto terpilih menjadi pembina lingkungan provinsi Jawa Timur dari Gubernur Jawa Timur.
“Dengan semangat gotong royong sebagai inti dari pancasila Kampung 3G berhasil menembus Top 15 dari 301 kota di dunia dalam Guangzhou Award For Urban Innovation pada tahun 2016. Kami tidak pernah bermimpi mendapat kalpataru tapi kami terus bekerja sehingga kami meraih Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan. Ini prestasi bersama yang kami persembahkan kepada Pemerintah Kota Malang” paparnya.

Disisi lain Sutiaji menyampaikan atas nama pemerintah Kota Malang mengucapkan ribuan terimakasih. Sebab sebenarnya Kota Malang seandainya tanpa Pemerintahan bisa, karena begitu luar biasanya masyarakat dan akademisi yang berinovasi dan berimprovisasi dengan berbagai cara untuk kepentingan Malang. Sutiaji pun menghimbau agar gerakan Kampung Glintung Go Green bisa diikuti oleh seluruh masyarakat di Kota Malang.

“RW bisa mencapai kalpataru karena perjuangan dan semangat yang luarbiasa. Mari kita membangun komitmen semangat gotong royong dengan keikhlasan, dengan itu kita membangun patriotisme. Dengan patriotisme ini adalah salah satu cara mengisi kemerdekaan Indonesia tercinta.
Sampah bukan musuh tapi memiliki banyak potensi” ujar Sutiaji

Selanjutnya, Sutiaji menghimbau ASN Pemerintah Kota Malang untuk membawa botol minum pada setiap kegiatan untuk mengurangi sampah plastik air mineral dan membawa tas pada saat berbelanja ke Pasar.

Pada puncak acara kirab Sutiaji menerima secara simbolis piala yang diraih oleh Bambang Irianto, untuk selanjutnya akan disemayamkan di Balaikota Malang. Dan diakhiri dengan foto bersama jajaran Pemerintah Kota Malang, warga Kampung 3G, dan Dinas Lingkungan Hidup. (vd/yz)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment