Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Sutiaji: Kuliner Subsektor Ekraf yang Berpotensi Besar

Malang – Plt Wali Kota Malang, Sutiaji, berkesempatan membuka gelaran even bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertajuk “Pucuk Coolinary Festival 2018” di Lapangan Rampal, pada Sabtu (1/9).

Acara festival kuliner yang dipromotori oleh merk minuman ternama ini diikuti sekitar 107 usaha kuliner dari Kota Malang serta adapula dari Kota Batu. Acara ini, diharapkan mampu mengembangkan dunia kuliner di Indonesia, sehingga keberadaannya bisa eksis dan mendapat perhatian masyarakat.

Dalam sambutannya, Sutiaji, mengatakan, jika kuliner merupakan salah satu dari empat subsektor ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Kota Malang. Karena itu, kehadiran festival tingkat regional ini, diharapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi pengusaha kuliner untuk terus bersaing hingga tinkat nasional bahkan internasional.

“Untuk ekonomi kreatif, Kota Malang ini dipercaya untuk mengembangkan empat subsektor, termasuk di dalamnya adalah kuliner. Potensinya cukup besar, karena selain kota pendidikan, di Malang ini banyak mahasiswa, sehingga kuliner ini sangat berpotensi,” kata Sutiaji.

Ia menambahkan, festival kuliner ini seperti yang diinisiasi oleh Teh Pucuk Harum dan Malang Post harus berkembang dari tahun ke tahun. Jika saat ini jangkauannya masih regional Kota Malang dan Batu, maka gelaran di tahun mendatang harus sudah menjangkau tingkat nasional.

“Dari tingkat kota, tahun depan bisa tingkat Jawa Timur dan kalau bisa tahun 2020 ada even serupa tingkat nasional, dimana kuliner khas daerah bisa ditampilkan di even ini,” tandasnya.

Plt Wali Kota Malang, mengapresiasi adanya festival kuliner ini, dengan harapan mampu membangkitkan daya inovasi dan kreasi para pelaku usaha kuliner sekaligus bisa mengerek roda perekonomian khususnya di sektor ekonomi kreatif.

“Atas nama Pemkot Malang saya sangat mengapresiasi adanya festival ini,” pungkasnya. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *