Rapat Koordinasi Jaminan Kesehatan Nasional Kota Malang

Malang – Bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang pada hari Senin (13/8) telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Jaminan Kesehatan Nasional Kota Malang yang dihadiri oleh Plt Walikota Kota Malang, Drs. H. Sutiaji. Turut hadir mendampingi Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, Dr. Handaryo MM., AAK., JRGP dan Kepala Dinas Kesehatan, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM.

Acara itu diikuti oleh seluruh Camat dan Lurah Kota Malang, Direktur Rumah Sakit di Kota Malang, Kepala Puskesmas di Kota Malang serta Kepala OPD Kota Malang.

Dalam sambutannya Plt Walikota Malang, Sutiaji menyampaikan bahwa Kesehatan itu urusan wajib, sesuai dengan Undang-undang no 32 tahun 2004 dan Undang-undang no 23 tahun 2014 bahwa 3 urusan yang wajib adalah kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Salah satu program BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal adalah Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) “Program prolanis yang masih ada 2 jenis perlu dikembangkan dan juga untuk apoteker yang ditunjuk jangan sampai meninggalkan tugasnya, agar terwujud kerjasama yang baik ” tegas Sutiaji.

Sementara itu Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Timur, Handaryo menyampaikan “Jaminan Kesehatan Nasional itu merupakan bagian dari program pemerintah yang dasarnya dari Undang-undang dalam rangka mendirikan jaminan social yang salah satu dari 5 program jaminan sosial,jadi ini program kita semua, kita yang harus menjalankan dan kita juga harus mengawal supaya program ini bisa berjalan dan bermanfaat bagi kita semua” jelas Handaryo

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 4 Kelurahan yang terpilih yaitu Kelurahan Klojen, Kelurahan Blimbing, Kelurahan Ksatriandan Kelurahan Wonokoyo karena sudah mendapat predikat Universal Health Coverage.(cc)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment