Plt. Walikota Malang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia (HALUN) Tahun 2018

Malang – Bertempat di Aula Majapahit Rumah Sakit Umum dr. Saiful Anwar Malang pada hari Sabtu (11/8) telah dilaksanakan Peringatan Hari Lanjut Usia (HALUN) Tahun 2018 dan Pelantikan Pengurus Pembantu Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Jawa Timur Kota Malang masa bhakti 2018-2022.

Plt. Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji berkesempatan hadir dan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, pria yang juga seorang ustadz tersebut menyampaikan apresiasinya kepada para lansia di Kota Malang karena melalui yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Malang dibawah asuhan Prof. Dr. dr. H. Djanggan Sargowo, Sp.PD, Sp.JP(K), FIHA, FACC para lansia di Kota Malang menjadi lebih sejahtera hidupnya dan sehat. “Hal itu ditunjukkan dengan tingginya tingkat harapan hidup di Kota Malang yang saat ini menjadi usia 72 Tahun” ujar Sutiaji.

Sutiaji yang juga merupakan Ketua Komda Lansia Kota Malang tersebut berpesan agar para lansia terus menanamkan perasaan bahagia dan penuh semangat dalam menjalani hari – harinya. “Karena dengan terus gembira, bahagia dan bersemangat maka kita akan selalu sehat baik secara lahir maupun bathin” jelas Sutiaji.

Sutiaji juga berharap agar para lansia bisa hidup dengan sehat dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai; menerapkan pola hidup sehat serta secara rutin untuk selalu berolahraga.

“Saat ini, Kota Malang juga telah memiliki Perda yang mengatur tentang lansia, tujuannya adalah agar para lansia yang ada di Kota Malang menjadi lebih diperhatikan dan diutamakan di segala bidang pelayanan publik, namun kedepan, saya akan menindaklanjuti perda tersebut menjadi sebuah perwal” tutur Sutiaji.

Pelayanan kesehatan, lanjut Sutiaji, bagi para lansia harus diberikan dengan baik agar para orang tua yang akan berobat tidak merasa di pimpong; salah satu upaya yang paling mudah dilaksanakan adalah dengan penguatan peran Posyandu Lansia, disamping itu, juga akan kita dekatkan puskesmas yang sebentar lagi akan menjadi BLUD di wilayah masyarakat agar dapat melayani para Lansia.

“Kedepan, kami akan terus memberikan literasi kepada masyarakat agar tidak menempatkan orang tuanya di Panti Jompo, kami berharap di Kota Malang nantinya tidak ada Panti Jompo karena orang tua di saat sudah memasuki usia lansia merupakan tanggung jawab anak-anak dan keluarganya” tandas pria berkacamata tersebut.

Sedangkan Ketua Yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Malang, Djanggan Sargowo mengatakan bahwa Peringatan Hari Lansia kali ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia khususnya di Kota Malang. “Rangkaian acaranya adalah seminar nasional kesehatan lansia, pelantikan pengurus pembantu Yayasan Gerontologi Abiyoso Kecamatan, Lomba Paduan Suara, Lomba Fashion Show, Lomba menu makanan sehat lansia, serta Bazar produk unggulan dari masing-masing kecamatan” ujar Djanggan.

Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan simposium yang juga dihadiri oleh Walikota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko beserta jajarannya. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment