Kunjungan Kerja Pusbindiklatren Bappenas RI dan FIA UB

Malang (31/7) – bertempat di Ruang Tumapel Balaikota Malang, Drs. Mulyono M,Si, Staf Ahli Pemerintahan Kota Malang beserta OPD Kota Malang terkait menerima kunjungan kerja dari Pusat Pembinaan,Pendidikan,dan Pelatihan Perencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Pusbindiklatren Bappenas RI) dan FIA UB.

Kunjungan kerja dipimpin oleh Dr.Ainul Hayat yang juga berprofesi sebagai dosen di FIA UB dan diikuti oleh 27 peserta. Kunjungan ini bertujuan untuk pelatihan monev yang terkait tentang konsep analisis dan terjun langsung dilapangan.

Dalam sambutannya, Mulyono menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada para rombongan dari Pusbindiklatren Bappenas atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tempat kunjungan kerja.

Kemudian Mulyono juga menyampaikan dua masalah untuk mencapai monev yang lebih modern yaitu yang pertama tentang big data karena hampir semua pemda di Indonesia belum melihat big data, kalau sudah big data, analisisnya yang harus diperkuat. Yang kedua tentang usaha untuk tidak menyamakan Indonesia bagian timur dengan bagian barat karena, jika keduanya disamakan maka tingkat kemiskinannnya tidak akan habis.

Dalam diskusi, Mulyono menjelaskan integritas birokrat. “Hanya ada dua pilihan saat menjadi birokrat, menjadi pahlawan atau pecundang. Sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017 dirasa terlalu linier sedangkan proses di lapangan tidak ada yang linier karena banyak masalah yang tentunya tidak terlihat” jelasnya.

Kemudian acara dilanjutkan penjelasan dari Karliono perwakilan Kominfo Kota Malang, “Kami berusaha mewujudkan permendagri No.8 Tahun 2017 tentang sistem informasi pembangunan daerah yang terdapat aspek kesejahteraan rakyat,daya saing, dan layanan umum. Untuk mewujudkan data statistik sebenarnya mudah apabila data dari tahun per-tahun sudah urut dan tersedia sehingga monev dan analisisnya lebih mudah” jelasnya.

Di tengah-tengah acara dikejutkan oleh kedatangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beserta Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Plt Walikota Malang Sutiaji yang menyapa dan melihat agenda kunjungan kerja ini.

Diakhir kunjungan kerja, semua peserta berfoto bersama di lobi balaikota (cc/ern)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment