Peresmian Museum Mpu Purwa Dihadiri oleh Mendikbud RI

Malang – Minggu 14 Juli 2018 Plt Walikota Malang Sutiaji meresmikan Museum Mpu Purwa di Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Santa Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru. Dalam peresmian museum ini turut hadir pula Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sekertaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Plt Walikota, Rektor Universitas Muhammadiyah, hingga pemerhati budaya dan sejarah kota Malang.

Sebelum memberikan sambutannya, Walikota Malang Sutiaji, Mendikbud dan para undangan menyaksikan tarian khas malang.

Dalam sambutannya, kepala Dinas Pariwisata Kota Malang mengatakan bahwa total bantuan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk museum ini sebesar 8,5 Milyar. “Museum Mpu Purwa dengan luas 1800 meter persegi dan luas bangunan 1200 meter persegi memiliki 136 koleksi berupa arca dan prasasti dari masa kepemimpinan Mpu Sendok hingga Kerajaan Majapahit. Sebanyak 58 koleksi ditampilkan untuk pengunjung, dan sisanya disimpan di storage.” Tambahnya.

Plt Walikota Malang, Sutiaji berharap adanya museum ini dapat menjadikan kita lebih bangga menjadi warga Indonesia. “Museum Mpu Purwa lebih eksis manakala ini menjadi lahan dan menjadi wahana untuk menghormati sejarah dan belajar bersama-sama bukan rekreatif saja tapi juga edukatif” tambahnya.Lebih lanjut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendi mengatakan “Kementrian akan mengalokasikan anggaran untuk pelaku kesenian dan pelaku budaya terutama untuk hari tuanya yang tidak terurus, untuk itu saya minta data para seniman yang sudah memberikan dharma bakti untuk seni dan budaya agar bisa mendapatkan penghargaan agar hari tuanya tenang.”

Selebihnya Mentri Pendidikan dan Plt Walikota bersama jajarannya yang terkait akan selalu memberikan dukungan pada keratifitas dan inovasi warga masyarakat agar potensi yang ada semakin dapat dikembangkan. (FH)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment