Wujudkan Malang Kota Peduli Hewan Kesayangan, Ini Dua Jurus Jitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan

Malang – Upaya Pemerintah Kota Malang dalam mewujudkan Malang sebagai Kota Peduli Hewan Kesayangan terus dilakukan, salah satunya dengan memberikan Layanan Kesehatan Terpadu serta membentuk Satgas Pet Lovers di bawah arahan dan binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Satgas Pet Lover yang dilaunching pada 29 April lalu dalam helatan Car Free Day bertujuan untuk membentuk komunitas hewan kesayangan yang lebih tertata dan membantu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang dalam mensosialisasikan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS). Selain itu Satgas ini juga nantinya berperan dalam sosialiasi kepada masyarakat yang akan membawa hewan kesayangannya secara aman dan nyaman ke tempat-tempat umum.

Sedikitnya, sudah ada 10 komunitas yang sudah tergabung dalam Satgas Pet Lovers seperti Komunitas Kucing Malang, Komunitas Anjing, Komunitas Iguana, Komunitas Musang, Komunitas Sugar Gledeer, Komunitas Reptil, dimana kesemuanya adalah komunitas yang sering membawa hewan kesayangannya di tempat-tempat umum seperti Car Free Day, Alun-alun, Taman Malabar dan sebagainya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Sri Sumarni, mengatakan, pembentukan Pet Lovers ini tak lain adalah untuk mewujudkan Malang sebagai Kota Peduli Hewan Peliharaan. “Satgas ini sudah kami launching dan mendapat sambutan positif dari masyarakat,” kata Sri Sumarni.

Selain membentuk Satgas Pet Lovers, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga memberikan Pelayanan Keaehatan Terpadu secara gratis kepada hewan peliharaan. “Para pemilik hewan bisa melakukan pemeriksaan dan juga diberikan pemberian vitamin serta obat cacing bagi hewan yang dibawanya semuanya gratis,” kata Sri Sumarni.

Pada tahun 2018 ini rencananya akan dilakukan 4 kali Layanan Kesehatan Terpadu bagi hewan peliharaan milik warga Kota Malang, selain di Car Free Day, rencananya juga diadakan di Lapangan Rampal bersamaan dengan gelar Pasar Tani, kemudian dilaksanakan di Kelurahan Lesanpuro bersamaan dengan kegiatan Apel Ternak serta dan terakhr pada awal Desember di Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Jl. Kolonel Sugiono 176, Malang.

“Ada doorprize juga yang kami berikan kepada warga yang datang memeriksakan hewan kesayangannya dan hal itu disambut baik,” tukasnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu yang dilaksanakan di CFD beberapa waktu lalu melampaui target. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menargetkan pelayanan pada 100 ekor hewan kesayangan, namun karena antusias masyarakat yang tinggi, ternyata pelayanan yang dilakukan kepada 135 ekor hewan, yang meliputi, anjing, kucing, musang, reptil, iguana. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment