Pemerintah Akan Terus Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan

Malang – Kaum perempuan tak bisa dipandang sebelah mata, perempuan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Di sisi lain, ada kalangan yang memandang perempuan mestinya berperan dalam ranah rumah tangga saja. meski demikian perempuan juga berhak mendapatkan perlakuan sama seperti laki-laki Perempuan mampu berkiprah dalam masyarakat di berbagai bidang pendidikan, ekonomi maupun politik.

Sebagai tindak lanjut hasil Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Bulan September 2015 di New York, bahwa seluruh negara anggota PBB bersama UN Woman memasukan Indonesia sebagai salah satu Negara Champion dari 10 Negara yang dipersiapkan menuju Planet 50:50 pada 2030 mendatang saat ini keterlibatan perempuan di berbagai bidang pembangunan adalah 30 perempuan dan 70 laki-laki.

Menteri Dalam Negeri, mengharapkan ke depannya laki-laki dan perempuan memiliki kesetaraan gender sesuai dengan kampanye gerakan “HeForShe” sebagai bentuk komitmen dimana perempuan dan laki-laki bersama-sama setara dalam keterlibatannya dalam pembangunan Indonesia dan memperhatikan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sub Urusan Kualitas Hidup Perempuan.

Untuk itu, maka surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tertanggal 22 Mei 2018 nomor 263/3153/SJ tentang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk segera melakukan beberapa hal; seperti memberikan rasa aman dan nyaman serta mendukung kemajuan perempuan diberbagai bidang pembangunan, sehingga diperoleh akses kesehatan, pendidikan, ekonomi terutama keberhasilannya dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang berkeadilan gender; Penguatan kelembagaan pengarusutaman gender (PUG) dan pemberdayaan perempuan dibidang politik, hukum, social dan ekonomi; Mendorong peningkatan jumlah dan kualitas perempuan melalui penjenjangan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan guna mendukung karirnya di Instansi masing-masing

Pjs walikota Malang, Wahid Wahyudi menanggapi, bahwa kualitas hidup perempuan perlu diperhatikan lagi untuk kesejahteraan masyarakat dalam kesetaraan gender khususnya pada masyarakat kota malang.

“Kesetaraan gender juga akan dilaksanakan di berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan oleh masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang” ujar Wahid Wahyudi. (Ria)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment