Kemenhub Apresiasi Pelaksanaan CFD di Kota Malang

Malang – Saat ini sudah banyak Kabupaten / Kota yang melaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau yang lebih sering kita sebut sebagai Car Free Day (CFD).

Di Kota Malang hal tersebut juga sudah lama dilaksanakan. Untuk itu, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga memberikan apresiasi positif pada Pemerintah Kota Malang atas terlaksananya kegiatan tersebut.

kegiatan tersebut dinilai sebagai salah satu langkah efektif dan inovatif pemerintah daerah dalam upaya pengembangan konsep suistainable transport (transportasi berkelanjutan) dalam rangka menurunkan tingkat emisi kendaraan bermotor.

Disamping itu, selain dapat digunakan sebagai sarana olahraga bagi masyarakat luas; pelaksanaan CFD juga memiliki dampak positif terhadap peningkatan perekonomian lokal dengan memberdayakan pengusaha lokal (UMKM) yang berbasis home industry.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan RI berdasarkan surat nomor : UM.104/2/9 PHB 2018 tanggal 9 Mei 2018 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor telah menghimbau kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk dapat memanfaatkan kegiatan yang bertemakan lingkungan hidup, olahraga, seni dan budaya serta tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik dan SARA, terlebih untuk kegiatan orasi ajakan yang bersifat menghasut.

Pjs Walikota Malang, Wahid Wahyudi mengatakan bahwa CFD yang dilaksanakan di Kota Malang selama ini menimbulkan dampak yang positif bagi warga. “Setiap hari minggu, banyak warga yang berolahraga atau sekedar refreshing di CFD dengan melihat berbagai pertunjukan kesenian atau atraksi dari komunitas yang ada di Kota Malang” ujar Wahid.

“Kedepan, saya berharap agar keberadaan CFD di Kota Malang makin memberikan manfaat yang positif pada masyarakat Kota Malang” tambahnya. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment