Berita TerbaruDokumentasiHeadlineMei 2018

Tekan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah Ramadhan

Malang – Bagian Pengembangan Perekonomian Pemerintah Kota Malang, menggelar Pasar Ramadhan pada Kamis (31/5) di Jalan Gajah Mada. Sebanyak 58 peserta akan mengikuti Pasar Murah Ramadhan pada tahun ini.

Kepala Bagian Pengembangan Perekonomian Pemkot Malang, Rinawati, mengatakan, tujuan diadakannya pasar ini tak lain adalah membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau pada momen bulan puasa dan mendekati Idul Fitri.

“Pasar Murah Ramadhan ini juga dilakukan untuk mengendalikam stok ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaram sehingga tidak terjadi kelangkaan yang berimbas pada naiknya harga kebutuhan pokok,” kata Rinawati.

Dijelaskan, 58 peserta yang ikut dalam helatan Pasar terdiri dari berbagai elemen dan stake holder yang meliputi distributor bahan pangan, pelaku usaha, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang, BUMD Kota Malang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Unsur Perbankan Kota Malang, BUMN serta organisasi sosial kemasyarakatan

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai stake holder dan siap untuk menggelar pasar murah untuk memfasilitasi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam Pasar Murah Ramadhan tahun 2018 ini, selain penjualan paket sembako murah, juga ada layanan penukaran uanh baru, penjualan produk urban farming, penjualan paket lebaran, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan pelayanan kesehatan gratis.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk datang dan memanfaatkan kesempatan pasar murah ini,” ucap Rinawati.

Data Bagian Pengembangan Perekonomian Kota Malang menyebut Pasar Murah Ramadhan yang digelar setiap tahun selalu membawa dampak positif kepada masyarakat dan juga para stakeholder yang turut serta.

Pada tahun 2016 pasar murah diikuti oleh sebanyak 28 peserta dengam omset sebesar Rp 396,8 juta dan di tahun 2017, juga diikuti dengan jumlah peserta yang sama dengam omset sebesar Rp 305 juta.

Terpisah, Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan momen Pasar Murah Ramadhan tahun ini untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Ini adalah kesempatan emas, saya selaku Pjs Wali Kota Malang mengimbau kepada warga agar benar-benar memanfaatkan momen ini dengan baik,” kata Wahid Wahyudi. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *