Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Mikro dalam Menghadapi Tantangan Global

Malang – Selasa (8/5) untuk meningkatkan kemampuan wirausaha mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro melakukan workshop peningkatan kapasitas kemampuan wirausaha mikro dengan tema Kewirausahaan sebagai penggerak ekonomi kreatif dalam menghadapi tantangan global. Workshop ini di ikuti oleh 48 peserta dan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8-9 Mei 2018 di Hotel Sahid Montana.

Drs. Tri Widya P, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, menyampaikan tentang bagaimana usaha mikro itu bisa berdaya saing ketingkat yang lebih tinggi dan bisa memberi suatu yang berharga bagi Masyarakat. Harapannya melalui workshop ini bisa tepat sasaran dan berguna. Selain itu kegiatan ini juga bisa memberikan chemistry yang baik antara penyelenggara dan peserta. Sehingga nantinya setelah keluar dari ruangan ini bapak ibu lebih berkembang dalam mengelola usahanya.

“Jangan sampai program yang di susun Dinas Koperasi ini terhadap wirausaha hangus sia-sia bertepuk sebelah tangan, kita tidak mau seperti itu. Tapi harapan kami ada timbal balik dari bapak ibuk sekalian, supaya kegiatan macam ini tidak muspro (red. kurang berguna)” pungkas Yani sapaan akrab Bu Kadis Koperasi dan usaha Mikro .

Setelah dilakukanya pembukaan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dilanjutkan dengan materi pertama yaitu pencatatan keuagan usaha dan penataan harga yang di sampaikan oleh Irfan Fatoni, SE, M.Si. Materi yang pertama yaitu tentang bagaimana kita menyatukan pandangan bahwa bisnis itu harus bisa membaca peluang usaha, menganalisis faktor internal dan eksternal, menyusun rencana usaha, melaksanakan kegiatan usaha, dan evaluasi usaha. “Sesama usaha kita jangan berfikir saling menjatuhkan, tapi rubahlah pikiran tersebut menjadi sebuah kemitraan” Tegas Irfan.(Akm/Bg)

 

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment