Pembukaan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2018

Dalam rangka percepatan pelaksanaan belanja negara dan daerah guna percepatan pelaksanaan pembangunan, Rabu(2/5) Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Pemerintah Tahun 2018. Kegiatan ini di laksanakan mulai tanggal 2-11 Mei 2018 dan diakhir bimtek akan diadakan ujian sertifikasi pengadaan barjas. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barjas Pemerintah Tahun 2018 bertempat di Hotel Savana Malang. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH. Acara tersebut diikuti oleh seluruh pejabat struktural yang belum memiliki sertifikasi Pengadaan Barjas di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH menyampaikan selamat kepada peserta bimtek karena telah ditunjuk langsung oleh pemerintah Kota Malang. Diharapkan para peserta bimtek dan sertifikasi nantinya dapat menyerap berbagai ilmu pengetahuan tentang pengadaan barjas pemerintah dan dapat lulus dengan hasil yang baik. Dalam perpres nomor 4 tahun 2015 tentang pengadaan barang dan jasa di lingkungan instansi pemerintah menyebutkan bahwa, pengadaan barjas pemerintah adalah kegiatan untuk memperoleh Barjas oleh kementrian dan lembaga satuan kerja perangkat daerah serta institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barjas. “Administrator dan pejabat pengawas termasuk auditor yang ada di kota malang, semakin memahami dan memiliki keahlian serta ketrampilan” ujar Wasto

Harapannya sebagai pengguna dan kuasa pengguna Barjas atau panitia dan pejabat pengadaan yang diperkuat dengan memiliki sertifikat sehingga dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika dalam menyusun, mempersiapkan, merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi proses pengadaan Barjas pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Diakhir sambutannya Wasto membuka secara resmi Bimtek dan Ujian Sertifikasi pengadaan Barjas Pemerintah Tahun 2018.

Haris salah satu peserta diklat menyampaikan Bimtek Pengadaan Barjas kali ini berbeda “Saya baru tahu kalo ada perpres (barjas) baru, Perpres nomor 16 Tahun 2018. Hari ini hanya pengenalan istilah-istilah dalam proses pengadaan barjas” ujar Haris yang juga menjabat Kasubag Protokol di Sekretariat Daerah Kota Malang (tvn/ja)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment