Berita TerbaruHeadlineMei 2018

Kunjungan Benchmarking Diklatpim Tingkat III Tahun 2018 Dari Pemprov. Lampung

Malang – Bertempat di Aula Dinas Pendidikan jl. Veteran Malang pada hari Kamis (3/5) telah dilaksanakan penerimaan Kunjungan Benchmarking Diklatpim Tingkat III Tahun 2018 Dari Pemprov. Lampung.

Rombongan diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM.

Dalam sambutannya, Wasto menyampaikan secara sekilas tentang potensi – potensi yang dimiliki oleh Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya.

Wasto juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Malang telah mengembangkan jenis dan fasilitas pendidikan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003, antara lain dengan pengembangan berbagai program unggulan diantaranya : penerimaan peserta didik baru dengan sistem online dan rayonisasi, pengembangan pendidikan vokasi, inklusif dan sekolah model. Selain itu Pemerintah Kota Malang juga telah membentuk PAUD di setiap kelurahan serta membebaskan biaya sekolah di jenjang SD dan SMP.

“Selain itu, guna memperlancar akses pelajar menuju ke sekolah, disediakan 9 kendaraan elf dan 5 unit bis sekolah ditambah 2 unit bis yang merupakan CSR dari Bank Jatim dan Bank Mandiri; untuk 5 wilayah kecamatan, secara gratis” ujar Wasto.

Sementara itu, Ir. Fahrizal Darminto, MM Kepala Badan BPSDM Prop. Lampung memohon kesediaan Pemerintah Kota Malang sharing informasi terkait kebijakan dan tata kelola program kerja di Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah serta Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang nantinya dapat diadaptasi untuk diimplementasikan di Propinsi Jawa Timur.

“Dinas Pendidikan Kota Malang menjadi salah satu locus kunjungan kami karena kota Malang menjadi salah satu barometer pendidikan di Indonesia yang dibuktikan dengan berbagai torehan prestasi maupun penghargaan yang diraih insan pendidikan Kota Malang. Locus lainnya yakni Dinas Pariwisata sebagai upaya mengeksplorasi inovasi untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata di Propinsi Lampung. Pelayanan Terpadu Satu Pintu juga menjadi locus kami sebab saat ini Propinsi Lampung mendapatkan Asistensi khusus dari bidang Pencegahan KPK untuk meningkatkan Pelayanan online dan bersifat transparan. Sebagai upaya modernisasi pengelolaan asset dan keuangan non tunai maka kami juga memohon kesediaan Pemerintah Kota Malang untuk berkenan menerima kunjungan kami untuk sharing di BPKAD.” tutur Ir. Fahrizal Darminto, MM Kepala BPSDM Prop. Lampung.

Usai ceremonial penerimaan Benchmarking peserta Diklatpim III Propinsi Lampung oleh Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, SH., MH., didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM 40 peserta yang kini menjabat camat, kepala bidang, kepala bagian yang tersebar di dua Kota dan 12 Kabupaten se Propinsi Lampung ditandai dengan saling bertukar cinderamata, peserta yang terbagi empat kelompok bergerak menuju organisasi perangkat daerah yang menjadi locus kunjungan. (Ts)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *