Produk IKM Kota Malang Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang Inacraft 2018

Malang – Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Malang kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Dalam ajang Inacraft 2018 di Jakarta Convention Centre, produk IKM asal Kota Malang dengan brand “Eva Unique Accesories” berhasil mendapatkan penghargaan dari Majalah Femina.

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) pada 25 – 27 April ini produk dari Eva Unique Accesories dinilai sangat kreatif dan berbeda dari produk lainnya.

Atas raihan prestasi itu, Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, Subkhan mengaku sangat mengapresiasi produk karya Eva Unique Accesories yang mampu berbicara di level nasional.

Menurut Mantan Kasatpol PP Kota Malang itu, prestasi ini menunjukkan jika produk IKM asal Kota Malang tidak kalah dengan produk asal daerah lain dan mampu bersaing baik dalam level regional, nasional dan bahkan internasional.

“Prestasi ini membuktikan bahwa produk IKM Kota Malang mempunyai nilai lebih dalam kreativitas dan kualitas,” kata Subkhan.

Ia menjelaskan, keikutsertaan Dinas Perindustrian dalam ajang promosi InaCraft diharapkan bisa berimbas positif pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Malang. Tujuannya, tak lain sebagai sarana pemasaran dan memperkenalkan produk IKM craft creative Kota Malang di tingkat nasional dan internasional.

“Ajang ini juga sebagai sarana studi banding dengan produk IKM peserta lain untuk perbaikan kedepan sehingga memiliki daya saing dan agar bisa diterima pasar yang semakin kompetitif,” urainya.

Dengan gencar melakukan pemasaran akan produk IKM, diharapkan mampu mendobrak daya jual, sehingga menjadi inspirasi dan motivasi bagi IKM lainnya untuk terus meningkatkan kualitas produk-produk industri Kota Malang.

Sementara itu, Eva pemilik Eva Buotiqe Accesories, mengaku sangat bersyukur mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. “Saya sangat bersyukur mendapatkan penghargaan ini, dan ini memacu dan memicu saya untuk terus menjaga dan meningkat kan kualitas produk kami. Termasuk selalu berinovasi menghasilkan produk yang semakin variatif”, kata Eva demikian panggilan ibu berhijab ini.

Ia menambahkan, jika produk hasil karyanya sudah dipesan hingga kalangan internasional hingga negeri Belanda. “Alhamdulilah semoga ini bisa memberikan motivasi kepada IKM lain di Kota Malang,” tukasnya

Pada ajang Inacraft 2018 ini Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasidan Usaha Mikro berpartisipasi dengan menggelar produk-produk kreatif yang menjadi unggulan kota malang.

Dinas perindustrian kota Malang memamerkan produk-produk aksesoris dari IKM Eva Unique Accezzoriez berupa berbagai macam aksesoris bernuansa etnik, Majestic berupa Kacamata berbahan kayu berkualitas tinggi dan sepatu batik Trepez.

Sementara itu, Dinas perdagangan menampilkan 3 IKM yaitu Marsalia bordir daster, Sany boutiquememamerkan produk kain Nusantara seperti batik dan tenun dan Almira dengan produk sulam tangan yang beralamat di Pondok alam sigura gura. Sedangkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menampilkan ampu antik

Nilai transaksi yang terjadi untuk produk-produk aksesoris mencapai 15 juta rupiah untuk Produk IKM dari Kota Malang dengan kisaran harga tiap produk antara Rp150 ribu sampai Rp 350 ribu. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment