Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu Kunjungi BSM Kota Malang

Malang – Rabu (25/4) Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Kunjungan kerja ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, Dr. H. Fauzi, SE, M.Kom.Akt. Kunjungan ini berlangsung di Ruang Rapat Staff Ahli Balaikota Malang. Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu Fauzi bertukar cinderamata dengan Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto dan atas nama pemerintah Kota Malang mengucapkan terimaksih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Malang sebagai tujuan studi lapangan Kabupaten Pringsewu.

Rahmat Hidayat, ST,MT Kepala Bidang Bina Kemitraan dan Pengendaliam Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang menyampaikan bahwa dalam menanggulangi masalah sampah di Kota Malang ini diperlukan adanya landasan hukum kejelasan tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah Daerah. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, diantaranya melalui pembentukan Bank Sampah Malang, Kader Lingkungan, serta dilakukan berbagai pelatihan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Supit Urang, seperti : komposting dan produk kerajinan, salah satunya melalui sistem 4R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (memakai kembali), Recycle (mendaur ulang); Replace (mengganti) dan pemanfaatan gas metana di TPA Supiturang.

“Pengelolahan sampah di Kota Malang dikerjakan dari hulu hungga hilir , dalam pengelolahan dan pengurangan sampah yakni dengan kegiatan 4R ( Reduce , Reuse, Recycle, Replace ) lebih efektif melalui bank sampah karena akan terjadi perubahan mindset dan perilaku dengan tujuannya ke arah lingkungan” tegas Rahmat.

Selanjutnya Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, Dr. H.Fauzi, SE,M.Kom.Akt ketua rombongan tamu mengucapkan terimaksih atas kesempatan yang telah diberikan untuk mempelajari dan mengimplementasikan nantinya. “ Pengelolahan sampah di Kabupaten Pringsewu baru masuk tahun ke dua dan baru terdapat 9 bank sampah. Disini kami bertekat agar dalam pengelolahan sampah dapat lebih baik dengan belajar di Kota Malang sebagai tempat tujuan studi lapangan” ujar Fauzi.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi kampung warna warni dan studi lapangan ke BSM Kota Malang.(tvn)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment