Komandan Kodim 0833 Kota Malang Apresiasi Kinerja BPBD Kota Malang

Malang – (26/4) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional di halaman depan Balaikota Malang. Apel ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Kota Malang Tahun 2018 yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Nurul Yakin.

Apel dibuka dengan laporan Komandan Apel, Sertu Suwarno. Dilanjutkan dengan amanat dari Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Nurul Yakin. Dalam amanatnya menyampaikan bahwa Kota Malang merupakan salah satu daerah rawan bencana dilihat dari aspek geografis, klimatologis dan demografis. Letak geografis Kota Malang yang berada di dataran tinggi dengan aliran sungau brantas dapat berpotensi menjadi sumber bencana seperti longsor dan banjir.

“Mendasarkan pada hal yang demikian, maka melalui peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana pada hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk menghadapai berbagai ancaman bencana di lingkungan sekitar Kota Malang”, tegas Nurul Yakin.

Kota Malang pada tahun 2018 sampai bulan April ini telah terjadi 76 bencana meliputi : banjir, tanah longsor, kebakaran, angin kencang, pohon tumbang dan lainnya. Total korban jiwa meninggal 1 orang dan mengungsi 47 orang, dengan kerugian sekitar Rp. 4.168.450.000. BPBD Kota Malang telah membentuk kelurahan tangguh bencana. Pada tahun 2016, wilayah yang telah ditetapkan sebagai kelurahan tangguh bencana adalah : Polehan, Bareng, Kota Lama. Di tahun 2017, Kelurahan Pandanwangi, Kedungkandang, Penanggungan, Tlogomas dan Bandungrejosari. Di tahun 2018 ini direncanakan Kelurahan Tanjungrejo, Jodipan, Merjosari, Oro-Oro Dowo dan Mergosono akan menjadi kelurahan tangguh bencana.

“Pada kesempatan ini pula, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPBD Kota Malang beserta Tim Siaga Bencana dan Stakeholders atas kerjasama, dukungan serta usahanya didalam mengedukasi kepada masyarakat tentang perlunya kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana”, pungkas Nurul Yakin.

Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Kota Malang Tahun 2018 ini juga diwarnai dengan simulasi Penangulangan bencana dari BPBD Kota Malang dan pemangku kepentingan terkait. (shf)

Posted in: Berita Terbaru, Febuari 2016

Leave a Comment