Kota Malang Kejar Nilai A untuk SAKIP

Asa menggapai nilai A untuk SAKIP 2017 dilakukan Pemerintah Kota Malang. Tergambarkan pada acara paparan SAKIP yang dilakukan secara langsung oleh Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi dihadapan Tim Evaluator Kementerian PAN RB RI di ruang rapat Brawijaya gedung kantor Gubernur Jawa Timur (23/4 ’18).
Kepada Tim Kemen PAN RB, Wahid Wahyudi menginformasikan dari 19 sasaran bidang secara menyeluruh telah tercapai. Ditegaskan pula oleh Kadishub Provinsi Jatim ini, bahwa dalam rangka optimalisasi pelayanan, maka ditahun 2018 semua layanan dari tingkat perencanaan hingga pelaksanaan akan dilakukan berbasis IT. Sedangkan di tahun 2019, sasaran tematik ditekankan pada 2 (dua) hal, yakni bidang infrastruktur dan bidang SDM. BP2D, Dispendukcapil dan Kecamatan Klojen, juga direkomendasikan dalam program Wilayah Bebas Korupsi.

Sementara itu, evaluator dari Kemenpan Shokhif Khoirul Anam S. St, menekankan agar ada sinkronisasi program dan kegiatan dari setiap organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan tema sentral yang hendak dicapai Kepala Daerah. “Yang kami lihat dan evaluasi tidak semata pada OPD yang memiliki core utama terhadap target tersebut, tapi juga akan dilihat sejauh mana OPD lain mensupport sasaran yang hendak dicapai Kepala Daerah, “tegas Shokhif. Diambil contoh target di bidang pendidikan, selain Diknas sejauh mana konkrit program OPD lain mensupport keberhasilannya. Ini yang seringkali dilupakan Pemda. Ada kecenderungan masing masing terfokus pada kegiatannya sendiri. “Kalau Kepala Daerah (walikota) fokus bidang pendidikan, maka semua program kegiatan harusnya mengarah ke sana. Andai mau target bidang infrastruktur, maka juga energi yang supporting ke sana pula secara terintegrasi, “imbuh Evaluator dari Kemen PAN RB itu.

Sebagai catatan, pada tahun sebelumnya SAKIP kota Malang meraih BB, dan pada evaluasi lanjutan sekaligus penilaian yang rencananya akan dilakukan di bulan Juli, kota Malang harapannya mendapat nilai A. Demikian dinyatakan Pjs Walikota Wahid Wahyudi mengakhiri paparan, dengan didampingi Pimpinan OPD Pemkot Malang

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment