Wasto : Kota Malang Telah Memberikan Daya Tarik Tersendiri Bagi Masyarakat India

Malang – Pernyataan tersebut disampaikan Wasto, Sekretaris Daerah Kota Malang saat malam ramah tamah penerimaan Duta Besar India bagi Indonesia dan Timor Leste di Balaikota Malang pada Sabtu Malam (21/4).

Dalam sambutannya, Wasto menyampaikan harapan agar silaturrahmi dan kemitraan yang telah terjalin baik di hari ini, mampu membawa sebuah kerjasama di berbagai bidang kehidupan, utamanya di bidang seni, budaya dan pariwisata. “Dalam satu semangat untuk membangun satu jembatan kebersamaan dan persaudaraan berskala internasional, yang nantinya dapat mendukung kemajuan pembangunan serta hubungan kemasyarakatan diantara Kota Malang dan India” ujar Wasto.

“Dan, saya percaya ini akan terwujud dengan baik, karena animo masyarakat kita sangat tinggi terhadap seni budaya india khususnya film-film bollywood” tambahnya.

Terlebih di era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi serta transportasi canggih, yang semakin mempersempit jarak antar bangsa, menyebabkan nilai – nilai budaya asing dapat dengan mudah berinteraksi dan berakulturasi dengan budaya lokal. Sebagaimana rangkaian berbagai kegiatan seni dan budaya kolaborasi antara Kota Malang dan India.

Tentu hal ini tidak saja mampu menjadi media pertukaran seni dan budaya Kota Malang dan india; namun juga dapat menjadi media untuk saling meningkatkan pengertian dan mengembangkan rasa menghargai serta hormat menghormati diantara kita semua.

Yang terpenting dari kegiatan seperti ini; tambah Wasto, masing-masing seni dan budaya bisa saling bertemu, sehingga terjadi proses saling mengenalkan dan menguatkan, sekaligus mampu melestarikan seni dan budaya masing-masing.

Untuk itu, acara pertukaran seni dan budaya yang terselenggara ini, diharapkan mampu menghasilkan dan melahirkan buah pemikiran yang mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan negara tentang langkah konkrit membangun masyarakat yang majemuk dalam satu ikatan budaya bangsa yang kuat.

Sementara itu, Duta Besar India bagi Indonesia dan Timor Leste, Mr. Pradeep Kumar Rawat mengharapkan Pekan Budaya India yang dilaksanakan selama satu minggu di Kota Malang ini akan meninggalkan pemahaman dan apresiasi yang lebih baik akan India di hati dan pikiran masyarakat Kota Malang. “Kedutaan Besar India berterima kasih kepada Pemerintah Kota Malang untuk dukungan dan fasilitasi dalam penyelenggaraan Perayaan Pekan Budaya India kali ini” Ujarnya.

Bersamaan dengan acara tersebut juga trlah dibuka secara resmi Pameran Foto Persahabatan India – Indonesia di Lobby Balaikota Malang. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment