Walikota Wahid Wahyudi : “Sarjana UB harus Siap Pakai”

Wahid Wahyudi, Pjs Walikota Malang didaulat menyerahkan secara simbolis kartu alumni untuk para wisudawan/wati Universitas Brawijaya Malang, pada acara prosesi wisudawan/wati untuk program vokasi, sarjana dan pasca sarjana tahun akademik 2017/2018 di gedung Samantha Krida UB (Sabtu, 21/4 ’18).
Kehadiran orang nomor satu di kota Malang ini, terasa special karena Wahid Wahyudi juga alumnus Universitas Brawijaya Malang. “Doktor saya di UB dengan mengambil kajian lingkungan dan pembangunan di tahun 2014. Sehingga saya secara emosional sudah terikat dengan kota Malang dan lebih khusus dengan UB. Maka undangan di acara wisuda UB merupakan satu kehormatan tersendiri bagi saya, “ujar Pjs. Walikota Malang yang juga selaku Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur.

Secara khusus, Wahid Wahyudi juga mengajak kepada rektor UB, M. Bisri, untuk terus menguatkan sinergi antara Pemkot Malang dengan Universitas Brawijaya. “Salah satu potensi strategis yang dimiliki kota Malang adalah keberadaan perguruan tingginya yang berjumlah 61 perguruan tinggi. Sebagai gudangnya cendekiawan dan penelitian, maka saya berkeyakinan itu akan mampu menjadi salah satu motor untuk memajukan kota ini. Dan UB, saya yakin mampu memainkan peran maksimal di kota Malang, “tegas Wahid Wahyudi.
Masih menurut Wahid, yang juga dikenal sebagai Ketua ISSI Jatim, pekerjaan besar dari Perguruan Tinggi, selain optimalisasi peran pengabdian masyarakat, juga perannya untuk mencetak sarjana yang siap pakai. “Untuk studi kasus di kota Malang ini saya stressing. Karena kalau tidak dipersiapkan dan dihantarkan dengan baik, 1059 wisudawan yang nota bene di antaranya banyak dari penjuru nusantara, bisa kontra produktif bagi daerah asalnya dan juga bagi kota Malang karena ada kemungkinan juga masih menetap di kota Malang. Namun saya menyambut positif, UB juga mengembangkan program studi vokasi yang mereka dipersiapkan khusus untuk siap kerja. Pemkot Malang pun juga telah menggiatkan kegiatan ekspo bursa kerja secara ajeg dengan melibatkan perusahaan perusahaan dan BUMN, dengan kemampuan menyalurkan dan menyerap tenaga kerja ratusan pencari kerja, “ujar pria yang juga dikenal akrab dengan awak media ini.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Moch. Bisri, MS Rektor UB, dihadapan para wisudawan, menegaskan agar para sarjana jebolan UB harus mampu jadi pribadi pribadi yang memiliki jiwa dan semangat kemandirian serta kewirausahaan yang ditopang oleh kompetensi di bidangnya.
Wisuda periode XI tahun Akademik 2017/2018, dimulai pukul 07.30 wib dengan diawali prosesi para wisudawan memasuki gedung Samantha Krida dan diteruskan prosesi Rektor dan Pimpinan beserta guru besar UB memasuki podium.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment